PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XII SEMESTER 5

HENDRA SUHERMAN, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XII SEMESTER 5. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hendra Suherman_5115127099.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbentuk modul interaktif pada materi pokok Programmable Logic Control untuk siswa kelas XII SMK Bina Karya Mandiri Bekasi telah dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan yang telah ditentukan. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini meliputi 5 tahap pengembangan yaitu: 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) desain modul, 4) pengumpulan data, 5) analisis data. Dalam tahapan tersebut juga terdapat uji kelayakan meliputi validasi ahli materi (guru mata pelajaran) serta validasi ahli media (e-learning designer). Uji coba dilakukan di SMK Bina Karya Mandiri pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik melalui 2 proses uji coba, yaitu uji pada kelompok yang menggunakan modul cetak dan yang menggunakan modul interaktif. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah 30 orang yang terdiri dari 15 siswa kelompok eksperimen (menggunakan modul interaktif) dan 15 siswa kelompok control (menggunakan modul cetak) yang akan dilihat hasil belajarnya dengan instrument berupa tes yang diberikan setelah mereka mempelajari materi yang disajikan (Posttest Only Control Group Design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengembangan modul pembelajaran interaktif berdasarkan aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, penilaian bahasa, pemrograman serta aspek tampilan dan penyajian, menurut ahli berkategori “Sangat Baik”. Dari hasil ujicoba kepada siswa SMK Bina Karya Mandiri, disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran Programmable Logic Control menggunakan modul pembelajaran interaktif sebagai sumber belajar lebih tinggi daripada menggunakan sumber belajar konvensional. The purpose of this research is to develop interactive modules using Prezi and iSpring Quizmaker on subjects Installation of Electric Motors as a source of independent learning for vocational high school students in grade XII. The development of interactive learning modules on the subject matter Programmable Logic Control for vocational high school students Bina Karya Mandiri Bekasi in grade XII has been developed in accordance with the procedures specified development. The development procedure in this research include 5 stages of development, namely; 1) research and information gathering, 2) planning, 3) design module, 4) data collection, 5) data analysis. In this phase there are also validation of the feasibility test from subject matter expert (the subject teachers) as well as media expert validation (e-learning designer). The pilot phase be done at SMK Bina Karya Mandiri in grade XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik Department through two stages of testing, which is test on the groups using the print modules and the use of interactive modules. The subject experiment in this research are 30 people consisting of the 15 students experimental group (using interactive modules) and 15 students of the control group (using the print modules) which will be seen the result of learning the instrument in the form of tests were given after they learn the material presented (posttest Only Control Group Design). Research results show that the development result of interactive learning modules in terms of the feasibility aspects of content, feasibility aspects of presentation, aspects of language assessment, aspects of programming as well as aspects of appearance and presentation, according to the experts is "Very Good". From the test results to the students of SMK Bina Karya Mandiri, it can be concluded that the effectiveness of learning Programmable Logic Control using interactive learning module as a learning resource is higher than using conventional learning resources.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Soeprijanto M.Pd 2) Drs. Faried W., M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:45
Last Modified: 14 Jun 2022 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30268

Actions (login required)

View Item View Item