KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT PADA PENULISAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 82 JAKARTA

IDA AYU SORAYA, . (2016) KESALAHAN PENGGUNAAN KALIMAT PADA PENULISAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 82 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi IDA AYU SORAYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan kalimat efektif dalam teks laporan hasil observasi siswa, dengan analisis kesalahan guru dapat menentukan butir-butir bahan ajar yang dibutuhkan agar memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran bahasa sasaran, serta memperbaiki dan mengurangi kesalahan berbahasa siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode deskripsi kualitatif dengan teknik analisis kesalahan. Penelitian ini difokuskan pada kesalahan pengalimatan secara efektif dalam teks laporan hasil observasi yang telah dibuat oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dari 128 kalimat, didapatkan 97 kesalahan dalam kalimat. Ditemukan hasil analisis dari ketujuh ciri kalimat tidak efektif sebagai berikut; tidak memenuhi kesepadanan struktur ada 27 buah (21.09%), ketegasan makna ada 1 buah (0.78%), kehematan kata ada 13 buah (10.15%), kecermatan dan kesantunan ada 10 buah (7.81%), kepaduan makna ada 16 buah (12.5%), dan kelogisan makna ada 30 buah (20.31%). Kesalahan yang paling banyak muncul ialah kelogisan makna, yaitu sebanyak 20.31% (30 buah), sedangkan kesalahan yang tidak ditemukan sama sekali terdapat pada kepararelan bentuk dengan presentase 0%. Dapat disimpulkan bahwa analisis kesalahan berbahasa dapat membantu guru mengetahui mana kesalahan yang banyak dilakukan oleh siswa, dengan mengetahui letak kesalahan, guru dapat menyiapkan pembelajaran remedial untuk membantu siswa menghilangkan kesalahan tersebut Penelitian ini secara khusus dapat diimplikasikan bagi pengajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X yaitu dalam materi unsur kebahasaan secara khusus yaitu kalimat efektif pada teks laporan hasil observasi. Adapun saran dari penelitian ini dapat digunakan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan analisis kesalahan guna mengembangkan pengetahuan mengenai manfaat analisis dalam penelitian. Bagi pengajaran, penelitian ini diharapkan manjadi acuan bagi guru untuk mengembangkan materi ajar pembelajaran yang relevan dan menghindari kesalahan dalam membuat kalimat efektif. Kemudian bagi siswa, penelitian ini diharapkan menjadi pengetahuan untuk memahami bahwa kesalahan yang telah diperbuat pasti dapat diperbaiki kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sintowati Rini Utami, M.Pd ; 2). Asep Supriyana, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 12:35
Last Modified: 28 Jan 2020 12:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3027

Actions (login required)

View Item View Item