PENGARUH KENAIKAN TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA 125CC INJEKSI MENGGUNAKAN POMPA BAHAN BAKAR PNEUMATIK

HENDARKO GHANY SETYAWAN, . (2017) PENGARUH KENAIKAN TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA 125CC INJEKSI MENGGUNAKAN POMPA BAHAN BAKAR PNEUMATIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Hendarko Ghany s.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kenaikan pompa bahan bakar terhadap performa kendaraan , khususnya daya, torsi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor Vario PGMFI 125 cc, ketika menggunakan tekanan pompa bahan bakar yang ditingkatkan digunakan. Kemudian dapat diketahui daya dan torsi maksimal, nilai konsumsi bahan bakar terbaik dan hasil emisi gas buang yang dihasilkan oleh sepeda motor.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Dua buah tekanan pompa bahan bakar yang berbeda yaitu, tekanan pompa bahan bakar 2,94 bar (standar) dan tekanan pompa bahan bakar yang dinaikan (3,5 bar). Masing – masing tekanan bahan bakar diuji secara bergantian melalui sepeda motor yang dihubungkan pada dinamometer sasis dengan eddy current brake. Proses pengujiannya adalah dengan menarik handle gas dari 5o bukaan throttle sampai dengan bukaan paling besar yaitu 50o hal ini dilakukan utnuk mendapatkan data daya, torsi dan konsumsi bahan bakar dari sepeda motor, serta pengujian emisi gas buang.Hasil dari eksperimen adalah tekanan pompa bahan bakar yang dinaikan (3,5 bar) menjadi yang terbaik pada daya dan torsi mesin tertinggi.Berdasarkan pengujian pada dinamometer maka tekanan pompa bahan bakar yang dinaikan (3,5 bar) menghasilkan puncak daya terbesar , yaitu 5,35 kw pada kecepatan putaran mesin 9750 RPM . Kemudian berdasarkan perbandingan torsi tekanan pompa bahan bakar yang dinaikan (3,5 bar) juga menghasilkan torsi terbesar pada putaran mesin 8500 RPM yaitu sebesar 8,54Nm , dibandingkan dengan tekanan pompa bahan bakar standar (2,94 bar). Sedangkan untuk kosumsi bahan bakar , nilai terbaik tekanan pompa bahan bakar yang dinaikan (3,5 bar) terdapat pada putaran mesin bawah yaitu putaran 4750-7000 RPM (5 o -25 o bukaan throttle) , sedangkan tekanan pompa bahan bakar standar (2,94 bar) mempunyai nilai terbaik pada putaran 8250- 9750 RPM (30 o -50 o bukaan throttle) . Selain daya , torsi dan konsumsi bahan bakar ,penelitian ini juga menelti pengaruh naiknya tekanan pompa bahan bakar (3,5 bar) terhadap uji emisi yang dihasilkan oleh kendaraan,dari hasil pengujian terlihat , pada tekanan pompa bahan bakar yang dinaikan (3,5 bar) terdapat peningkatan pada kadar CO, CO2, dan HC serta menurunnya kadar dari O2. The aim of this research is to know how big of fuel pump increase in performance of vehicles, especially power, torque, fuel consumption and exhaust emission produced by Vario PGM-FI 125 cc motorcycle, when using the fuel pump pressure raised. Then can know the power and maximum torque, the value of the best fuel consumption and exhaust emissions produced by motorcycles.The method used is the experimental method. Two different fuel pump pressures are, 2.94 bar (standard) fuel pump pressure and fuel pump pressure raised (3.5 bar). Each fuel pressure is tested alternately through a motorcycle connected to the chassis dynamometer with eddy current brake. The test process is by pulling the gas handle from 5o throttle openings to the largest openings of 50o this is done to obtain power data, torque and fuel consumption of motorcycles, as well as exhaust emissions testingThe result of the experiment is the raised fuel pump pressure (3.5 bar) to be the best at the highest engine power and torque. Based on the test on the dynamometer the raised fuel pump pressure (3.5 bar) produces the largest peak power of 5 , 35 kw at a speed of engine speed of 9750 RPM. Then based on comparison torque pressure pump raised (3.5 bar) also produce the largest torque at 8500 RPM engine speed that is equal to 8.54Nm, compared with standard fuel pump pressure (2.94 bar). As for fuel consumption, the best rated fuel pump pressure (3.5 bar) is in the lower engine rotation of 4750-7000 RPM (5 o -25 o throttle aperture), while standard fuel pump pressure (2, 94 bar) has the best value on round 8250-9750 RPM (30 o-50 o throttle opening). In addition to power, torque and fuel consumption, this study also investigated the effect of increased fuel pump pressure (3.5 bar) on vehicle emission test, from test results seen, at increased fuel pump pressure (3.5 bar ) There is an increase in CO, CO2, and HC levels and decreased levels of O2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Pratomo Setyadi, S.T., M.T 2) Nugroho Gama Yoga, S.T., M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Jun 2022 05:49
Last Modified: 14 Jun 2022 05:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30270

Actions (login required)

View Item View Item