KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN MERANGKAI ROBOT LEGO MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL DI ROBOTICS EDUCATION CENTRE MALL OF INDONESIA

HARIS MAULANA, . (2017) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN MERANGKAI ROBOT LEGO MELALUI PENDIDIKAN NON FORMAL DI ROBOTICS EDUCATION CENTRE MALL OF INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HARIS MAULANA FULL.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang hubungan antara berpikir secara matematis dengan kemampuan merangkai robot lego pada siswa kelas V atau level mekanik di Robotics Education Centre. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunkan teknik survei dan teknik korelasi untuk pengambilan data dan menggunakan uji-r pada taraf signifikan 5%. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel x (terikat) kemampuan merangkai robot dan variabel y (bebas) kemampuan berpikir matematis. Penilaian pada penelitian ini menggunakan tes untuk mengambil data, yaitu tes soal matematika dan ujian merangkai robot lego. Sebelum digunakan instrumen tersebut di uji validitasnya dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment serta diuji reliabilitasnya menggunakan rumus KR-21. Dari hasil penelitian diketahui bahwa rhitung adalah 0,8, sedangkan rtabel adalah 0,273 dengan batas signifikan 5%. Artinya nilai rhitung lebih besa daripada rtabel, yakni 0,8 > 0,273. Berdasarkan perhitungan menggunakan koefisien determinasi pada regresi linier di dapat bahwa = 0,64 atau dengan kata lain kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan varians dari variabel terikatnya sebesar 64%. This study aims to obtain empirical data on the relationship between the ability to think mathematically by assembling robot lego in Class V or mechanical level in Robotics Education Centre. This study is a qualitative research design using the survey technique and correlation techniques for data retrieval and using test-r on a significant level of 5%. This study uses two variables, the variable x (tied) the ability to assemble the robot and the variable y (free) ability to think mathematically. Ratings in this study using the test to retrieve the data, which tests math and stringing exam lego robot. Prior to use the instrument is in testing the validity by using the formula Pearson Product Moment and tested reliability using the formula KR-21. The survey results revealed that rhitung is 0.8, whereas rtabel is 0.273 with a limit of 5% significance. This means that the value of BESA rhitung more than rtabel, ie, 0.8> 0.273. Based on calculations using the linear regression coefficient of determination can be found in R2 = 0.64, or in other words the ability of independent variables in explaining the variance of the dependent variable of 64%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Moch.Sukardjo, M.pd 2) Drs. Jusuf Bintoro, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:16
Last Modified: 14 Jun 2022 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30284

Actions (login required)

View Item View Item