PENGEMBANGAN MEDIA CETAK DAN DIGITAL UNTUK DELLSAND KREASI KAOS NAMA SEBAGAI MEDIA PROMOSI

HANIFA MURSALINA, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA CETAK DAN DIGITAL UNTUK DELLSAND KREASI KAOS NAMA SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5235136293 - SKRIPSI.pdf

Download (21MB)

Abstract

Di era modern, media digital digunakan sebagai media promosi di berbagai media online sehingga media cetak sudah jarang digunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa media cetak dan digital sebagai media promosi untuk mengetahui peran masing – masing media di era modern karena intensitas penggunaan gadget oleh masyarakat cenderung tinggi terutama dalam melakukan transaksi jual beli secara online. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Research and Development (R & D) dengan model pengembangan Five D. Terdapat lima tahapan dalam model pengembangan Five D, diantaranya define, data, design, develop, dan disseminate. Dari pengembangan media cetak dan digital, diperoleh hasil validasi instrumen untuk ahli materi 0,62. Hasil validasi instrumen ahli media 0,47. Hasil validasi instrumen responden 0,56. Berdasarkan hasil validasi oleh tiga validator, seluruh instrumen dikategorikan sesuai dan dapat digunakan untuk menguji kelayakan produk dan efektifitas produk. Pengujian ahli materi dan ahli media mendapatkan hasil persentase 100% dengan kategori sangat layak. Hasil pengujian efektifitas pada responden, media cetak mendapat hasil persentase 65,02 dan media digital mendapat hasil persentase 83,82. Berdasarkan nilai persentase yang dihitung, produk media cetak maupun media digital yang dibuat sudah efektif, dengan perbandingan media digital jauh lebih unggul dibandingkan dengan media cetak. In modern era, digital media used to promote products in various online media so that print media is rarely used. The purpose of this research was to develop print and digital media products as promotion media to determine the role of each media in modern era because the intensity of gadget usage by public was tends to be high, especially in shopping transactions by online. The development method used in this research was Research and Development method (R & D) with Five D development model. There were five steps in Five D model, among others were define, data, design, develop, and disseminate. From the development of print and digital media, obtained the result of instrument validation for content expert 0,62. The result of instrument validation for media expert 0.47. The result of instrument validation for respondents 0,56. Based on validation results by three validators, all of the instruments categorized as appropriate and could be used to test the feasibility and effectiveness of the products. Expert content and media testing got 100% percentage results with very feasible category. The results of effectiveness testing on the respondents, print media got 65.02 percentage and digital media got the percentage of 83.82. Based on the calculated percentage value, printed media or digital media products made were effective, with the comparison of digital media far superior to the print media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prasetyo Wibowo Y., M.Eng 2) Vina Oktaviani M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:37
Last Modified: 14 Jun 2022 06:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30296

Actions (login required)

View Item View Item