PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMPN 9 TANGERANG

IDA PARWATI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VII SMPN 9 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
IDA PARWATI 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tangerang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015-2016 pada bulan Februari-Maret. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yakni pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dengan teknik random atau acak, didapat jumlah sampel sebanyak 60 siswa, yakni kelas eksperimen 29 siswa dan kelas kontrol 31 siswa. Berdasarkan penghitungan data, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,59. Hasil tesebut lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 58,85. Hasil perhitungan uji normalitas (uji Liliefors) diperoleh Lhitung sebesar 0,0099 pada pretest kelas eksperimen dan 0,0635 pada posttest kelas eksperimen, sedangkan pada pretest kelas kontrol sebesar 0,0038 dan 0,0291 pada posttest kelas kontrol. Ltabel pada taraf signifikasi 0,05 untuk kelas eksperimen adalah sebesar 0,161 dan kelas kontrol sebesar 0,159, maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji Fisher) diperoleh Fhitung sebesar 1,011 dan Ftabel pada taraf signifikasi 0,05 sebesar 1,868. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Fhitung < Ftabel, maka data dinyatakan homogen. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung sebesar 8,79 dan ttabel sebesar 2,002 dengan taraf signifikasi sebesar 0,05. Hasil uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan media audiovisual berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 9 Tangerang Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan media audiovisual juga dapat diterapkan pada keterampilan menulis teks eksplanasi. Model ini membantu siswa untuk mengembangkan ide dan gagasan yang disertai dengan bukti berupa fakta dan data. Apabila guru dan peneliti lain ingin melanjutkan atau menggunakan model ini hendaknya memperhatikan kondisi belajar siswa dan masalah yang sedang hangat terjadi di lingkungan sekitar agar siswa lebih peka terhadap permasalahan di lingkungannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si ; 2). Siti Anshoriyah, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Jan 2020 13:56
Last Modified: 30 Aug 2022 05:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3030

Actions (login required)

View Item View Item