PERENCANAAN STRATEGIS PUBLIC RELATIONS DALAM MENSOSIALISASIKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA MIKRO & KOMUNITAS (PSBMK) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PEMERINTAH KOTA BOGOR

PRAMESWARI GITAWARDHANI, . (2021) PERENCANAAN STRATEGIS PUBLIC RELATIONS DALAM MENSOSIALISASIKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA MIKRO & KOMUNITAS (PSBMK) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PEMERINTAH KOTA BOGOR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PRAMESWARI GITAWARDHANI_1408518040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Bogor merupakan sebuah instansi kehumasan pemerintah Kota Bogor memiliki peran sebagai lembaga media perantara dan publikasi kegiatan pemerintahan Kota Bogor kepada masyarakat Kota Bogor. Oleh karena itu, Perencanaan Strategis Public Relations menjadi penting melalui penggunaan media sosial dalam penyebaran informasi kepada publik agar tersampaikan dengan baik dan efektif. sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan Strategis Public Relations dalam mensosialisasikan Pembatasan Sosial Berskala Mikro & Komunitas (PSBMK) melalui penggunaan media sosial Instagram Pemerintah Kota Bogor. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Nine Steps PR Strategy yang dirumuskan oleh Ronald D. Smith yang tergiri dari 9 langkah yaitu, analisis situasi, analisis organisasi, analisis publik, menetapkan tujuan dan sasaran, formula aksi dan strategi, menggunakan komunikasi efektif, pemilihan taktik komunikasi, implementasi rencana strategis, dan evaluasi perencanaan strategis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian etnometodelogi kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Pada penelitian ini, peneliti menemukan bahwa Diskominfo Kota Bogor telah menerapkan Nine Steps PR Strategy melalui penggunaan media sosial Instagram, di mana dalam 9 langkah tersebut menjelaskan bagaimana merencanakan strategi dengan baik dalam pembuatan dalam mensosialisasikan Pembatasan Sosial Berskala Mikro & Komunitas (PSBMK) dengan terlebih dahulu melakukan penelitian formatif untuk melihat situasi yang terjadi, merumuskan strategi dan taktik komunikasi serta evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) dalam kegiatannya Mensosialisasikan Pembatasan Sosial Berskala Mikro & Komunitas (PSBMK) di Kota Bogor, melaksanakan beberapa rencana strategis yang dilakukan secara tepat. The Bogor City Communications and Information Office (DISKOMINFO) is a public relations agency for the Bogor City government that has a role as an intermediary media institution and publication of Bogor City government activities to the people of Bogor City. Therefore, the Strategic Planning for Public Relations is important through the use of social media in disseminating information to the public so that it is conveyed properly and effectively. This study aims to determine the Strategy Planning of Public Relations in disseminating Micro & Community-Scale Social Restrictions (PSBMK) through the use of social media Instagram Bogor City Government. The theory used in this study is the theory of Nine Steps PR Strategy formulated by Ronald D. Smith which consists of 9 steps, namely, situation analysis, organizational analysis, public analysis, setting goals and objectives, formulating actions and strategies, using effective communication, selecting communication tactics, implementation of strategic plans, and evaluation of strategic planning. This study uses a qualitative ethnomethodological research method. Data collection techniques used are observation, documentation and interviews. Data analysis techniques used in the form of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verification. Test the validity of this research data using source triangulation. In this study, researchers found that the Bogor City Communication and Information Office had implemented the Nine Steps PR Strategy through the use of Instagram social media. Where in these 9 steps, explain how to plan a strategy well in making in disseminating Micro & Community-Scale Social Restrictions (PSBMK) by first conducting formative research to see the situation, formulating strategies and communication tactics and evaluation. The conclusion from this research is that the Department of Communication and Information (DISKOMINFO) in its activities of Disseminating Micro & Community�Scale Sosial Restrictions (PSBMK) in Bogor City, implements several strategic planning that are carried out appropriately.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Eko Nugroho, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:38
Last Modified: 15 Jun 2022 03:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30312

Actions (login required)

View Item View Item