INFOGRAFIS PADA AKUN INSTAGRAM PEMERINTAH KOTA BOGOR SEBAGAI MEDIA INFORMASI MENGENAI VAKSIN COVID-19 OLEH DISKOMINFO KOTA BOGOR

Talitha Zahrah Azzizah Kurniawan, . (2021) INFOGRAFIS PADA AKUN INSTAGRAM PEMERINTAH KOTA BOGOR SEBAGAI MEDIA INFORMASI MENGENAI VAKSIN COVID-19 OLEH DISKOMINFO KOTA BOGOR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Talitha Zahrah A.K_1408517028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ditengah kesimpangsiuran informasi dan berita mengenai vaksin COVID-19, masyarakat membutuhkan sumber informasi yang dapat dipercaya serta dapat diperoleh dengan mudah. Salah satu upaya yang dilakukan Diskominfo Kota Bogor sebagai humas pemerintah adalah dengan memanfaatkan infografis sebagai media informasi mengenai vaksin COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses produksi infografis pada akun Instagram Pemerintah Kota Bogor yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Bogor dalam menyampaikan informasi mengenai vaksin COVID-19 kepada publik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah prinsip Vitruvius yang dikemukakan oleh Jason Lankow, dimana dalam prinsip tersebut terdapat tiga elemen dalam mengukur infografis berkualitas baik, yaitu kegunaan (utility), kekuatan (soundness), dan keindahan (beauty). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Pada hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa Diskominfo Kota Bogor telah menerapkan prinsip Vitruvius pada proses produksi infografis vaksin COVID- 19. Dimana dalam ketiga elemen tersebut, masing-masing elemen menjelaskan dengan baik bagaimana infografis dapat menjadi sebuah media informasi yang menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat. Kesimpulannya, terdapat kesesuaian dalam infografis vaksin COVID-19 yang diproduksi oleh Diskominfo Kota Bogor dengan prinsip Vitruvius. Namun masih terdapat kelemahan seperti jadwal pengunggahan yang tentatif dan penggunaan istilah kedokteran yang dapat sulit dimengerti. Dengan memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut, infografis vaksin COVID-19 akan menghasilkan suatu pemahaman yang lebih baik dan juga bermanfaat untuk masyarakat In the midst of confusion of false information and hoax egarding the COVID-19 vaccine, people need reliable sources that can be obtained easily. One of the efforts made by the Bogor City Communications and Information Office as a public relations officer for the government is to use infographics as a tool for spreading information regarding the COVID-19 vaccine. This research aims to find out how the producton process of infographics on the Bogor City Government Instagram account carried out by the Bogor City Communication and Information Office in conveying information about the COVID-19 vaccine to the public. The theory used in this research is the Vitruvian principle that proposed by Jason Lankow, where in this principle there are three elements in measuring good quality infographics, which is, utility, soundness, and beauty. This research uses descriptive research method with qualitative type research. Data collection techniques that’s used are such as observation, in-depth interviewing, and documentation. Data analysis techniques that’s used are in the form of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions/verification. Source triangulation is used to test the validity of this research data. In this study, researchers found that the Bogor City Communication and Information Office has been implemented the Vitruvian principle in the production process of the COVID-19 vaccine infographic. Where in the 3 elements, each one explains well how infographics can be an interesting and easy-to-understand information tool for the public. In conclusion, there is a conformity in the COVID-19 vaccine infographic produced by the Bogor City Communication and Information Office with the Vitruvian principle. However, there are still weaknesses such as a tentative upload schedule and the use of medical terms that can be difficult to understand. By correcting these weaknesses, the infographic of the COVID-19 vaccine will produce a better understanding and also useful to the community.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Rama Andhika Yoga ; 2). Liah Lestari
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:44
Last Modified: 15 Jun 2022 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30325

Actions (login required)

View Item View Item