PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA SISWA KELAS X DALAM KALIMAT SEDERHANA BAHASA ARAB MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI MAN 14 JAKARTA

IIN SAKINAH, . (2016) PENINGKATAN PENGUASAAN SISWA SISWA KELAS X DALAM KALIMAT SEDERHANA BAHASA ARAB MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI MAN 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Iin Sakinah 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di MAN 14 Jakarta pada bulan April – Mei 2016 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan metode tutor sebaya dalam penguasaan kalimat sederhana Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas Xiis2 MAN 14 Jakarta. Pengukuran hasil penguasaan kalimat sederhana dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes penguasaan kalimat sederhana berbentuk melengkapi kalimat, menyusun kalimat dan membuat kalimat yang berjumlah 15 soal. Penelitian Tindak Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata peningkatan penguasaan kalimat sederhana bahasa Arab pada siswa kelas Xiis2 MAN 14 Jakarta adalah 74,11 pada siklus II nilai rata-rata peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas Xiis2 MAN 14 Jakarta meningkat menjadi 89,56. Implikasi hasil penelitian menggunakan metode tutor sebaya yang diterapkan dalam peningkatan kalimat sederhana bahasa Arab pada ujian peningkatan kalimat sederhana pada siklus I mencapai rata-rata nilai 79,39, nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan, karena para siswa belum beradaptasi dan belum terbiasa dengan metode ini. Dan pada siklus II peneliti melaksanakan proses pembelajaran kalimat sederhana dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang membedakan adalah peneliti mengurangi jumlah anggota kelompok yang diajarkan tutor, sehingga tutor lebih focus mengajarkannya karena jumlah anggota kelompoknya tidak terlalu banyak. Dan ini yang menjadikan siswa mampu untuk meningkatkan penguasaan kalimat sederhana bahasa Arab. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 89,56, atau indicator pencapaian berhasil diraih, 33 siswa mencapai hasil ujian ±75 sehingga 91,67% dari م jumlah siswa mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan penguasaan kalimat sederhana bahasa Arab pada siswa kelas Xiis2 MAN 14 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode tutor sebaya berpengaruh positif terhadap penguasaan kalimat sederhana Bahasa Arab siswa kelas Xiis2 MAN 14 Jakarta. Dengan demikian metode ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran kalimat sederhana sehingga siswa menjadi senang dan lebih mudah dalam mempelajari kalimat sederhana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Nuruddin M.A. ; 2). R.A.Barnabas M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 14:43
Last Modified: 28 Jan 2020 14:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3034

Actions (login required)

View Item View Item