PENERAPAN KONSEP DESAIN USER EXPERIENCE (UX) PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI SMK TAMANSISWA 2 JAKARTA

FITRI YANTI SIANTURI, . (2017) PENERAPAN KONSEP DESAIN USER EXPERIENCE (UX) PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI SMK TAMANSISWA 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI - FITRI YANTI SIANTURI - 5235110439.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk merancang sistem informasi perpustakaan berbasis web dengan salah satu metode desain perangkat lunak (software) yang disebut desain User Experience (UX) yang dapat memberikan kemudahan, kenyamanan, dan efisiensi kepada user. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu konsep desain dari User Experience (UX). Konsep desain User Experience (UX) merupakan konsep yang dapat digunakan sebagai metode penelitian dalam perancangan sistem informasi. Dalam konsep desain User Experience (UX), terdapat empat tahap yang harus dilakukan, yaitu : tahap analisis, tahap desain, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMK TamanSiswa 2 Jakarta di peroleh sebuah rancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web yang selanjutnya dapat digunakan untuk membuat sistem informasi yang sebenarnya. Rancangan yang telah dibuat kemudian dilakukan pengujian dengan uji fungional dan usability. Berdasarkan hasil pengujian, dinyatakan bahwa perancangan sistem informasi perpustakaan berbasis web secara fungsional sudah berjalan dengan baik. Lalu, pengujian dengan menggunakan User Experience Questionnarie (UEQ) pada sistem berbasis web menghasilkan tingkat daya tarik, kejelasan, ketepatan, dan kebaruan yang memiliki penilaian sangat baik, sedangkan pada tingkat efisiensi dan stimulasi menghasilkan penilaian yang baik. The purpose of the research is to design a web-based library information system with one software design method called User Experience (UX) that can provide convenience, convenience, and efficiency to the user. The methodology used to research is the concept of design from User Experience (UX). The concept of design user experience (UX) is the concept that can be used as a method of research in the design information system. In the concept of user experience, the are four stages that need to be done, namely : analysis phase, design phase, implementation phase, and evaluation phase. From the results of research conducted at SMK TamanSiswa 2 Jakarta in obtaining a library information system web-based design that can be used to create an actual information system. The designs that have been made are then tested with functional and usability tests. Based on the test results, stated that the design of web-based library information system is functionally already well underway. Then, testing using the User Experience Questionnarie (UEQ) on a web-based system produces a level of attractiveness, clarity, accuracy, and novelty that has a very good rating, while at the level of Efficiency and Stimulation produces a good rating.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Widodo, M.Kom 2) M. Hamidillah Ajie, S.Si., MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 15 Jun 2022 08:23
Last Modified: 15 Jun 2022 08:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30371

Actions (login required)

View Item View Item