PENGARUH LATIHAN SAQ (SPEED, AGILITY, QUICKNESS) TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN ATLET BULUTANGKIS KELOMPOK UMUR GANDA REMAJA PUTERI PB. DJARUM

IBNU YUNSHOR AMAR, . (2016) PENGARUH LATIHAN SAQ (SPEED, AGILITY, QUICKNESS) TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN ATLET BULUTANGKIS KELOMPOK UMUR GANDA REMAJA PUTERI PB. DJARUM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
IBNU YUNSHOR AMAR pdf full.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan SAQ (Speed, Agility, Quickness) terhadap peningkatan kelincahan atlet bulutangkis kelompok umur ganda remaja puteri PB. Djarum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2016, bertempat di GOR PB. Djarum Jl. Aipda K. S. Tubun II C No. 57 Slipi, Petamburan, Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen pre-experimental designs dengan pendekatan one group pre test - post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bulutangkis kelompok umur ganda remaja putri PB. Djarum yang berjumlah 8 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling sehingga sampel yang digunakan berjumlah 8 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan pengukuran terhadap kelincahan atlet bulutangkis menggunakan Court Agility Test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan menghitung nilai t-hitung dibanding dengan t-tabel pada derajat kebebasan n-1 dan pada taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil perhitungan mengenai tes awal dan tes akhir Court Agility Test diperoleh data sebagai berikut : selisih rata-rata (MD) 1,20 dengan standar deviasi perbedaan (SDD) 0,55, standar error perbedaan rata-rata (SEMD) 0,21 dalam perhitungan selanjutnya diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,71 dan nilai t-tabel dengan derajat kebebasan (n-1) = 7 dan taraf signifikan α = 0,05 didapat sebesar 2,81 yang berarti t-hitung = 5,71 lebih besar dari t-tabel = 2,81. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian hasil perhitungan tersebut menyatakan bahwa : latihan SAQ (Speed, Agility, Quickness) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kelincahan atlet bulutangkis kelompok umur ganda remaja puteri PB. Djarum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ari Subarkah, M.Pd 2) Hendro Wardoyo, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jun 2022 07:18
Last Modified: 16 Jun 2022 07:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30405

Actions (login required)

View Item View Item