FAKTOR KESUKSESAN MANAGEMENT EVENT DALAM PENYELENGGARAAN PESTA PERNIKAHAN (Studi Kasus Pada Wedding Organizer di Jakarta)

FIRI OKTAVIA HARIANI, . (2017) FAKTOR KESUKSESAN MANAGEMENT EVENT DALAM PENYELENGGARAAN PESTA PERNIKAHAN (Studi Kasus Pada Wedding Organizer di Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI 2 FIRI OKTAVIA HARIANI- 5535134152.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan metode pengumpulan data ialah wawancara mendalam serta pengamatan saat melakukan observasi partisipan yang tidak bermaksud menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu gejala, variabel, atau keadaan. Permasalahan dalam tulisan ini, adalah: “Bagaimana penerapan management dalam pelaksanaan pesta pernikahan pada wedding organizer?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kesuksesan management event oleh wedding organizer dalam penyelenggaraan pesta pernikahan di Jakarta meliputi penerapan planning, organizing, actuating, dan controlling dalam penyelenggaraan pesta pernikahan oleh wedding organizer di Jakarta. Dalam menganalisa permasalahan dan tujuan penelitian digunakan teori fungsi management dari George R Terry dan Any Noor. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa faktor kesuksesan management event sangat dipengaruhi oleh bagaimana wedding organizer menerapkan management event di dalam sistem kerja mereka. Penelitian ini juga memaparkan tentang penerapan management oleh wedding organizer dalam sebuah pesta pernikahan dan dalam hasil penelitian juga menjelaskan runtutan management wedding organizer dalam mempersiapkan, merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, hingga mengevaluasi pesta pernikahan. Penelitian ini juga untuk mengetahui pesan dan kesan (testimonial) dari pasangan pengantin tentang kinerja wedding organizer. Saran yang diberikan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah untuk peneliti yang berminat melakukan penelitian mengenai penerapan management oleh wedding organizer, dapat mengambil bahan penelitian melalui salah satu fungsi management event. This research using qualitative method with an approach for a case study and using featured interview as the data collecting method with participating observant without testing the hypothesis, but only describing a phenomena, variable, or situation. This research has a concern on: “How the wedding organizers imply the concept of management in the wedding party organization?” The research objective is to know the success factor in event management of wedding organizers, including the implementation of planning, organizing, actuating, and controlling in the wedding party organization. To analyze the problem and reaching the objective, this research using management theory by George R Terry and Any Noor. The research objective describe success factor in wedding organizer with the implementation of the event management theory in the work culture. This research describe about event management of wedding organizer with the implementation of planning, organizing, actuating and controlling to reach the success factor of event management in Wedding party organization. Suggestion from the researcher for this research is to giving more information about research in the event management.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Harsuyanti RL M.Hum 2) Dr. Dwi Atmanto
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:25
Last Modified: 16 Jun 2022 08:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30414

Actions (login required)

View Item View Item