FIQI IKHWANTO, . (2017) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MEKANIK KELAS X PADA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 34 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
FIQI IKHWANTO 5315134460 SKRIPSI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara kompetensi guru dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran teknologi mekanik. Populasi pada penelitain ini adalah seluruh siswa program keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 34 Jakarta, sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan sebanyak 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan asosiatif. Data penelitian primer adalah data kompetensi guru sedangkan data sekunder adalah hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat hubungan yang positif antara kompetensi guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 34 Jakarta hasil pengujian Fhitung (17,15) > Ftabel (3,32) kontribusi sebesar 13,8 %. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar terdapat hubungan dengan kompetensi guru. This study aims to determine the relationship between the competence of teachers with student learning outcomes in the subjects of mechanical technology. The population in this research is all students of machineries engineering skill program of SMK Negeri 34 Jakarta, while the sample used is the students of X Engineering Class as many as 31 students. The method used in this research is survey method with associative approach. Primary research data is teacher competence data while secondary data is result of student learning. Data analysis technique used is simple correlation regression. The results showed that there was a positive relationship between teacher competence and student learning outcomes in the subjects of mechanical technology class X Engineering Skills Program Engineering SMK Negeri 34 Jakarta Fth test results (17.15)> Ftabel (3.32) contribution of 13.8 %. This suggests that learning outcomes are linked to teacher competence.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. C. Rudy Prihantoro, M.Pd 2) Dr. Agus Dudung, M.Pd |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 08:34 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 08:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30416 |
Actions (login required)
View Item |