MEDIA SOSIALISASI BERBENTUK VIDEO MOTION GRAPHIC DALAM RANGKA MENSOSIALISASIKAN PEMANFAATAN FASILITAS JARINGAN INTERNET DI KAMPUS A UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

FICKRY IBNU SAPUTRA, . (2017) MEDIA SOSIALISASI BERBENTUK VIDEO MOTION GRAPHIC DALAM RANGKA MENSOSIALISASIKAN PEMANFAATAN FASILITAS JARINGAN INTERNET DI KAMPUS A UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FICKRY IBNU SAPUTRA-5235122700.pdf

Download (5MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah mahasiswa di Kampus A Universitas Negeri Jakarta dengan latar belakang serta perilaku pemakaian yang berbeda-beda sering menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penggunaan Internet sehingga beban bandwidth menjadi lebih besar dan tidak seimbang. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mengembangkan video motion graphic untuk meningkatkan pemahaman tentang penggunaan Internet dengan baik di Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Sasaran penelitian adalah mahasiswa Kampus A Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah melakukan wawancara. Proses analisis data dimulai dengan mengumpulkan seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. Setelah tahap penelitian dan pengembangan selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Masukan serta saran yang diberikan oleh ahli materi dan ahli media kemudian diterapkan kepada mahasiswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa video motion graphic dinyatakan layak dengan penilaian sangat baik dari ahli materi dan ahli media. Hasil uji coba responden skala kecil melihat kesesuaian materi secara keseluruhan mendapatkan kriteria sangat baik dengan nilai persentase 83,2%. Hasil uji coba responden skala besar melihat kesesuaian materi secara keseluruhan mendapatkan kriteria sangat baik dengan nilai persentase 90%. Increased of amount college students at Campus A State University of Jakarta with different background and usage behavior often causes errors in the use of Internet so the bandwidth load become larger and unbalanced. This research aimed to design and develop motion graphic video to enhance understanding of the Internet usage wisely at Campus A State University of Jakarta. Subject of the research are college students State University of Jakarta. this research used Research and Development method. Data analysis process begins by gathering all available data from various sources. After the stage of Research and Development further validated by subject matter experts and media experts. Feedback and suggestions are given by subject matter experts and media experts then applied to college students. The results stated that the motion graphic video to be feasible with very good assessment of subject matter experts and media experts.The results of small scale trials of respondents viewed the suitability of the material as a whole to get the criteria very well with a percentage value of 83.2%. The results of large scale trials of respondents viewed the suitability of the material as a whole to get the criteria very well with a percentage value of 90%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hamidillah Ajie, S.Si., MT 2) M. Ficky Duskarnaen, M.Sc
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 16 Jun 2022 08:55
Last Modified: 16 Jun 2022 08:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30421

Actions (login required)

View Item View Item