IMPLEMENTASI RENDER FARMING TERHADAP APLIKASI BLENDER 2.76 DENGAN LOKI RENDER 072 DI SMK NEGERI 22 JAKARTA

FAUZI PERMANA SAPUTRA, . (2017) IMPLEMENTASI RENDER FARMING TERHADAP APLIKASI BLENDER 2.76 DENGAN LOKI RENDER 072 DI SMK NEGERI 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi 5235125331.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pembuatan animasi dibutuhkan proses komputasi yang besar, terutama pada saat melakukan proses render terhadap objek 3 Dimensi (3D), yang membutuhkan waktu relatif lama. Masalah tersebut juga dialami oleh guru-guru SMK Negeri 22 Jakarta. Untuk melaksanakan mata pelajaran Muatan Lokal Animasi Komputer waktu rendering menjadi kendala dikarenakan spesifikasi komputer di laboratorium kurang memadai. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan mengimplementasikan Render Farming di SMK Negeri 22 Jakarta. Render Farming yang dibangun menggunakan Loki Render versi 072, untuk animasi atau objek dibuat menggunakan aplikasi Blender 3D versi 2.76. Untuk menjalankan proses render maka dibutuhkan konfigurasi terhadap sebuah komputer yang bertindak sebagai master dan grunt/slave. Master bekerja sebagai tempat penampung dan pengolahan data yang akan di-rendering, dan selanjutnya fungsi grunt akan membagi – bagi tugas dengan memecahkan data yang akan dikirim ke komputer master untuk mempercepat melakukan proses render animasi 3D. Dalam penelitian ini, penulis akan menguji apakah jumlah frame dan objek berpengaruh terhadap waktu render dan membandingkan waktu render dengan jumlah dan jenis komputer yang berbeda. Setelah dilakukan pengujian maka didapatlah hasil bahwa penambahan frame dan penambahan objek pada file Blender berpengaruh terhadap durasi render. Selain itu, spesifikasi komputer yang digunakan khususnya prosesor juga berpengaruh terhadap durasi render. In the making procces of animation required a large computing process, especially when rendering the object of 3 Dimensional (3D), which takes a relatively long time. The problem is also experienced by teachers in SMK Negeri 22 Jakarta. To apply the subject of Computer Animation, rendering time becomes an obstacle due to the lack of computer specifications in their laboratorium. Therefore, in this study the authors has applied render farming in SMK Negeri 22 Jakarta. Render Farming is a technique of combining multiple computers to perform rendering processes simultaneously. Render Farming built using Loki Render version 072, for animation or object created using Blender 3D version 2.76 application. To run the rendering process requires configuration of a computer acted as master and grunt/slave as they connected with local area network. The master works as a placeholder and the server data, and then the grunt function will divide the task by solving the data that will be sent to the master computer to accelerate the process of rendering 3D animation. In this study, the authors already tested whether the number of frames and objects affect the render time and compared the rendering time with different number and type of computer. Then the author got the result that the addition of frames and the addition of objects in the blender file affect the duration of rendering. In addition, computer specifications that are used in particular processors also affect the duration of rendering.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Hamidillah Ajie, S.Si., MT 2) M. Ficky Duskarnaen, ST., M.Sc
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jun 2022 05:47
Last Modified: 17 Jun 2022 05:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30448

Actions (login required)

View Item View Item