PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU SEBAGAI ALTERNATIF PENILAIAN PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENGAPIAN PADA KELAS XI SMKN 39 JAKARTA

FATRA NUGRAHA IEDMAN JAENUDIN, . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU SEBAGAI ALTERNATIF PENILAIAN PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENGAPIAN PADA KELAS XI SMKN 39 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fatra Nugraha Iedman Jaenudin (5315134508).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 39 Jakarta dengan objek penelitian kelas XI Teknik Kendaraan Ringan pada bulan Mei – Agustus 2017. Metode penelitan yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development (R & D).Tujuan penelitian untuk mengembangkan media permainan kartu sebagai alternatif penilaian pembelajaran pada materi sistem pengapian. Metode Pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan tahapan sebagai berikut: menentukan potensi dan masalah, pengumpalan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Pengembangan media pembelajaran ini diujicobakan ke siswa didalam kelas, satu orang ahli media, satu orang ahli materi serta satu orang guru mata pelajaran. Dari hasil ujicoba tersebut diperoleh data dengan nilai rata-rata keseluruhan evaluasi Ahli Media memperoleh nilai 66,67 % (termasuk dalam kategori Baik), ahli materi memperoleh nilai 80% (termasuk kategori sangat baik), guru mata pelajaran memperoleh nilai 80.5% (termasuk kategori sangat baik) dan pada saat ujicoba kelompok mendapat nilai rata – rata 71.9% (termasuk kategori baik). Pada Ujicoba kelayakan, memperoleh nilai rata 50 untuk pre test dan 85 untuk post test. Dengan terjadinya kenaikan sebanyak 35 poin atau 70 %. Dengan nilai yang didapat, maka pengembangan media ini dapat dinyatakan efektif dan dapat disimpulkan pengembangan media ini layak digunakan untuk dijadikan sebagai alternatif penilaian pembelajaran materi sistem pengapian. This research is motivated by the lack of activeness of students in learning activities in the classroom. This research was conducted at SMKN 39 Jakarta with object of research of class XI of Light Vehicle Technique in May - August 2017. The research method used in this research is Research and Development (R & D). The objective of the study was to develop card game media as an alternative assessment on ignition system materials Development methods in this research refers to the development model developed by Borg and Gall with the following stages: needs analysis, initial product development, and product evaluation. The development of learning media is tested to students in the classroom, one media expert, one material expert and one subject teacher. From the results of the experiment, the data obtained with the average value of the overall evaluation of Media Expert obtained a score of 66.67% (included in the Good category), the material expert obtained an 80% score (including very good category), the subject teachers earned 80.5% Category is very good) and at the time of testing the group got an average score of 71.9% (including good category). In the Feasibility Trial, get a flat score of 50 for pre test and 85 for post test. With an increase of 35 points or 70%. With the value obtained, then the development of this media can be declared effective. It can be concluded that the development of this media is suitable for teaching and learning activities and It can be concluded that the development of this media is feasible to be used as an alternative assessment of learning materials ignition system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Riyadi MT 2) Dra. Ratu Amilia Avianti M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jun 2022 05:55
Last Modified: 17 Jun 2022 05:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30451

Actions (login required)

View Item View Item