RELEVANSI POKOK BAHASAN MKDK DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PKM DI SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA

FATMALA KURNIA SEPTY, . (2017) RELEVANSI POKOK BAHASAN MKDK DENGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PKM DI SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi pokok bahasan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (Prodi PTB) yang dibina oleh Fakultas Teknik (FT) dengan kompetensi pedagogik mahasiswa PKM dalam peranannya sebagai calon guru di SMK, berdasarkan tinjauan terhadap pokok bahasan MKDK yang terdapat di Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan standar kompetensi pedagogik guru SMK menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 (Permen Diknas No. 16 Tahun 2007). Objek penelitian ini adalah Prodi PTB FT UNJ dan SMK Negeri di Jakarta yang menyediakan Program Keahlian Teknik Bangunan. Waktu penelitian dilaksanakan bulan Maret sampai dengan Juli 2017. Metode penelitian menggunakan mixed methods atau metode kombinasi antara metode kuantitatif dan kualitatif dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 52 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, SMKN 58 Jakarta sebanyak 533 orang dan sampel sebanyak 44 orang yang diambil menggunakan teknik sample purposive. Terdapat dua instrument yang digunakan. Pertama, menggunakan teknik analisis isi yang dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh dosen MKDK untuk memperoleh data relevansi pokok bahasan MKDK dengan sub-kompetensi pedagogik guru SMK. Kedua, menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh informasi sejauh mana pokok bahasan MKDK Prodi PTB diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kompetensi pedagogik mahasiswa PKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pokok bahasan MKDK yang dibina oleh FT sebagian besar relevan dengan kompetensi pedagogik mahasiswa PKM sebagai guru di SMK, dengan presentase sebesar 83,33% untuk mata kuliah Perencanaan Pembelajaran, 81,82% untuk mata kuliah Evaluasi Pembelajaran, dan 100% untuk mata kuliah Kompetensi Pembelajaran. This research aims to determine the relevance of the Basic Courses of Education (MKDK) subjects Study Program of Building Engineering (Prodi PTB) which is fostered by the Faculty of Engineering (FT) with pedagogic competence of Practice Of Teaching Creativity (PKM) student in Vocational High School (SMK), based on an overview of the MKDK’s subjects contained in the Semester Learning Plan (RPS) and teacher's competency standard according to The Regulation of the Minister of National Education Number 16 Year 2007 (Permen Diknas No. 16 Tahun 2007). The object of this research are Prodi PTB FT UNJ and SMK Negeri in Jakarta which provides Engineering Building Expertise. This research was conducted from June to July 2017. The research method used mixed methods or combination method between quantitative and qualitative methods with sequential explanatory design. The population in this research were teachers of SMKN 1 Jakarta, SMKN 4 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 35 Jakarta, SMKN 52 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, SMKN 58 Jakarta as many as 533 people and 44 samples taken using sample purposive technique. There are two instruments used. First, using content analysis techniques conducted by researchers and assisted by the relevant lecturers to obtain data on the relevance of MKDK’s subjects with pedagogic sub-competence of vocational teachers. Second, using interview techniques to obtain information about the extent to which the MKDK’s subject in Prodi PTB required to fulfill the pedagogic competency needs of PKM student. The results showed that the MKDK curriculum which is fostered by FT is mostly relevant to the pedagogic competence of the PKM s tudent as a teacher in vocational high school, with a percentage of 83.33% for the lesson of Planning of Learning (Perencanaan Pembelejaran), 81.82% for the lesson of Evaluation of Learning (Evaluasi Pembelajaran), and and 100% for the lesson of Competence of Learning (Kompetensi Pembelajaran).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) R. Eka Murtinugraha, M.Pd 2) Dr. Tuti Iriani, M. Si
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jun 2022 05:59
Last Modified: 17 Jun 2022 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30452

Actions (login required)

View Item View Item