PENERAPAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENGINFORMASIKAN DAN MEMPROMOSIKAN SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK ANANDA KALIJAGA

FATIMAH SYAHIDATUR RAHMAH, . (2017) PENERAPAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENGINFORMASIKAN DAN MEMPROMOSIKAN SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK ANANDA KALIJAGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FatimahSR_5235117112_Skripsi_PTIK PDF.pdf

Download (8MB)

Abstract

Media komunikasi visual merupakan sebuah sarana promosi ataupun sosialisasi yang efektif dalam penyampaian informasi ke masyarakat luas. Tujuan media promosi adalah untuk menginformasikan, mempengaruhi, hingga merubah perilaku target sesuai denga tjuan yang inin diwujudkan. Penggunaan media komunikasi visual sangat dibutuhkan dalam pengenalan diri sebuah perusahaan ataupun lembaga. Pengunaan komunikasi visual dalam dunia pendidikan tidak kalah penting, karena masyarakat membutuhkan sebuah informasi sekolah yang baik. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat desain komunikasi visual yang berguna sebagai media promosi dengan memberikan informasi kepada masyarakat khususnya anak-anak dan orang tua agar lebih tertarik dan lebih mengenal sekolah TK Ananda Kalijaga. Mengajak anak-anak usia dini khususnya dari masyarakat kurang mampu untuk bersekolah. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Evaluasi yang dapat digunakan untuk penilaian keberhasilan, manfaat, kegunaan, dan kelayakan suatu produk. Kebutuhan media yang diperlukan dalam penelitian ini adalah: brosur, flyer, xbanner, dan papan nama yang dapat digunakan sebagai media komunikasi visual yang efektif dan komunikatif, yang dapat menarik minat masyarakat khususnya anak-anak aar mendaftarkan dirinya untuk besekolah d TK Ananda Kalijaga. Hasil pnelitian ini menunjukkan adanya media yang dapat mempermudah orantua khususnya dari masyarakat kurang mampu untuk mengetahui informasi tentang TK Ananda Kalijaga, dan mengajak anak usia dini untuk bersekolah di TK Ananda Kalijaga. Visual communication media is a means of promotion or dissemination ofeffective in disseminating information to the public. Media promotion is to inform, influence, to change the behavior of the target in accordance with the objectives to be realized. The use of visual communication media is necesssary in self introduction of a company or institution. The use of visual communication design in the world of education is very important, because people need a good information of the schol. The purpose of this research is to design and create visual communication design which is useful as a media campaign to inform the public, especially children and older people to be more interested and more familiar with the kindergarten Ananda Kalijaga. Encourage children and early childhood, especially from disadvantaged communities to attend school. This study uses a method of Engineering that includes planning, requirements analysis, design, and testing. Media needs required in this study are: a brochure that can be used as an effective medium of visual communication and communicative, which can attract people, especially the children in order to register themselves to attend kindergarten Ananda Kalijaga. The results of this study indicate Media Development Promotion Based Visual Communication Design For School Kindergarten Ananda Kalidjaga to facilitate parents, especially from disadvantaged communities to find out information about TK Ananda Kalijaga, and encourage early childhood schooling in kindergarten Ananda Kalijaga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Yuliatri Sastrawijaya, M.Pd 2) Prasetyo Wibowo Yunanto, ST., M.Eng
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:03
Last Modified: 17 Jun 2022 06:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30453

Actions (login required)

View Item View Item