UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTURMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN A DI SMK NEGERI 52 JAKARTA

FAJAR KUSUMA, . (2017) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK GAMBAR MANUFAKTURMELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN A DI SMK NEGERI 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fajar Kusuma 5315111800.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Teknik Gambar Manufaktur dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masalahpada kelas XI Teknik Pemesinan A di SMK Negeri 52 Jakarta. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi kegiatan tiap siklus pada proses penelitiannya, dimana setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada kegiatan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Tempat penelitian di SMK Negeri 52 Jakarta, subjek penelitian ialah siswa kelas XITP A dengan jumlah siswa 30 orang. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 20 November 2016 hingga tanggal 16 Februari 2017. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, lembar observasi guru dan siswa serta tes tiap siklus. Peningkatan Hasil belajar dapat dilihatdimanapada siklus I terdapat 20 siswa atau 66,67% mendapatkan nilai ≥81, pada siklus II terdapat 21 siswa atau 70% mendapatkan nilai ≥81, dapat disimpulkan pada siklus II terdapat peningkatan, pada siklus III terdapat 23 siswa atau 76,67% mendapatkan nilai ≥81, dapat disimpulkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan penggunaan model pembelajaran berbasis masalah. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa hingga di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥81, terbukti pada siklus I terdapat 20 siswa atau 66,67%, pada siklus II terdapat 21 siswa atau 70%, dan pada siklus III terdapat 23 siswa atau 76,67%. This study aimed to describe the learning outcome of students in the subjects of Technical Drawing Manufacture using problem based learning on the class XI Mechanical Engineering A in vocational high school 52 Jakarta. This type of research is the Action Research Classroom (PTK). Action Research Classroom (PTK) includes every cycle in the research process, where each cycle has four stages, namely planning, action, observation, and reflection. On the activities of the learning process using the model problem based learning. The place of research in vocational high school 52 Jakarta, the research subject is class XI Mechanical Engineering A by the number of students 30 people. Data were collected on November 20, 2016 until February 16, 2017. Data were collected by using field notes, observation sheets teachers and students as well as tests of each cycle. The results obtained in the first cycle there are 20 students or 66.67% gain value >81, the second cycle, there are 21 students or 70% scores >81, can be concluded on the cycle there has been increasing, the third cycle there are 23 students or 76.67% scores >81, we can conclude the process of learning has led to the teaching model of problem based learning. Based on the results of data analysis are improving student learning outcomes with the use of learning model problem based learning, improvement can be seen from the number of students who scored a minimum completeness criteria (KKM)> 81, in the first cycle there are 20 students or 66.67%, in the second cycle there are 21 students or 70%, and the third cycle there are 23 students or 76.67%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Lukman Arhami, S.Pd.,M.T 2) I Wayan Sugita, S.T.,M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:30
Last Modified: 17 Jun 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30462

Actions (login required)

View Item View Item