KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA MAHASISWA PENGELOLAAN USAHA BUSANA (PUB) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

FADILLAH MUTIA, . (2017) KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KINERJA MAHASISWA PENGELOLAAN USAHA BUSANA (PUB) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen tentang kinerja mahasiswa pengelolaan usaha busana. Adapun penelitian ini di Program Studi Tata Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada bulan September 2016 – Februari 2017. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Peneliti menjabarkan indikator kinerja yang kemudian menjadi acuan sebagai pembuatan kisi – kisi kuesioner. Prosedur pengumpulan data dengan menyebarkan angket kepada responden yaitu konsumen PUB yang melakukan order jasa atelier yaitu sebanyak 70 responden. Analisis penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil data kuesioner berupa nilai nilai harapan dan kenyataan suatu kepuasan konsumen terhadap kinerja mahasiswa PUB. Dilihat dari data hasil penelitian, perbandingan antara nilai kenyataan dengan harapan konsumenmemperlihatkan bahwa nilai kenyataan kinerja mahasiswa termasuk dalam kategori memuaskan. Walaupun nilai kenyataan kinerjanya tidak tinggi, tetapi tidak mengecewakan, ada beberapa indikator yang mendapat apresiasi tinggi dari konsumen sehingga mereka merasa puas dengan kinerja mahasiswa UNJ yaitu indikator reability dalam aspek mengukur tubuh konsumen, mendiskusikan desain, mendeskripsikan desain, dan menggambarkan desain, mahasiswa cukup handal dan dengan nilai yang dihasilkan konsumen dapat dikatakan puas. Pada indikator responsiveness konsumen dapat dikatakan merasa puas atas sikap menerima dengan baik setiap keluhan konsumen dan mahasiswa membuka diri pada saat diberi kritik serta dapat menerima masukan atau pendapat dari konsumen. Pada indikator assurances konsumen dapat dikatakan puas dalam aspek mahasiswa dapat mengerjakan order busana sesuai dengan jenis bahan dan kesempatan. Pada indikator empathy konsumen juga merasa puas atas sikap mahasiswa yang sopan santuk serta ramah taman dan dapat berkomunikasi dengan baik kepada konsumen. The study aims to determine customer satisfaction on student performance fashion business management. As this study in Fashion Design Studies Program Faculty of Engineering, State University of Jakarta in September 2016 - February 2017. Research using quantitative descriptive method. Researchers describe the performance indicators which became the benchmark as the manufacture of questionnaire. The procedure of collecting data by distributing questionnaires to the respondents, consumers who order services PUB atelier as many as 70 respondents. Analysis research was quantitative descriptive analysis. The results of the questionnaire data in the form of values expectations and the reality of customer satisfaction with the performance of students PUB. Judging from the research data, the comparison between the value of reality to consumer expectations show that the true value of the performance of the students included in the satisfactory category. Although the value of true performance is not high, but it did not disappoint, there are some indicators that received high appreciation from the consumers so that they are satisfied with the performance of the students UNJ ie indicators reability in the aspect of measuring the body of consumers, discuss the design, describe the design, and describes the design, students are quite reliable and with the resulting value can be said to be satisfied customers. In indicator of consumer responsiveness can be said to feel satisfied with the attitude well receive any consumer complaints and students open themselves when given criticism and can receive input or opinions of consumers. Assurances on indicators of the consumer can be said to be satisfied in this aspect of the students can be working on an order dress in accordance with the type of material and opportunity. In indicator of consumer empathy also feel satisfied with the attitude of the students were polite and friendly santuk garden and can communicate well to consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Cholilawati, S.Pd, M.Pd 2) Dr. Dewi Suliyanthini, AT, MM
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Jun 2022 06:57
Last Modified: 17 Jun 2022 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30471

Actions (login required)

View Item View Item