MODEL PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS BERBASIS BERMAIN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

AJI PROBO ANGGORO, . (2019) MODEL PEMBELAJARAN RENANG GAYA BEBAS BERBASIS BERMAIN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text
3.lembar persetujuan.pdf

Download (199kB)
[img] Text
4.lembar originalitas.pdf

Download (215kB)
[img] Text
6.Kata Pengantar.pdf

Download (9kB)
[img] Text
7.Daftar isi.pdf

Download (36kB)
[img] Text
11.BAB I.pdf

Download (74kB)
[img] Text
12.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
13.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
14.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
15.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
16.Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model renang gaya bebas untuk pemula dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar yang terdiri dari 62 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen tes renang gaya bebas yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa sekolah dasar, adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes keterampilan renang gaya bebas untuk mengetahui keterampilan pemula sebelum pemberian treatmen berupa model renang gaya bebas berbasis bermain yang dikembangkan dan untuk mengetahui keterampilan renang untuk siswa sekolah dasar setelah perlakuan atau treatmen model yang dikembangkan. Dari tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat renang gaya bebas siswa sebesar 1214, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran diperoleh tingkat renang gaya bebas siswa sebesar 1346. Maka model renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar efektif untuk meningkatkan keterampilan renang gaya bebas. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model renang gaya bebas dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani serta meningkatkan renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar(2) Dengan model renang gaya bebas berbasis bermain untuk siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan, diperoleh data efektifitas dan hasil pengembangan model renang gaya bebas berbasis bermain. *The purpose of this research and development is to produce a play based freestyle pool model for elementary school students. In addition, this research and development is conducted to obtain information in depth about: development and application of free style pool model for beginner and to know effectiveness, efficiency and appeal of child to model made. This research and development use Research & Development (R & D) research method from Borg and Gall. Subjects in this research and development are elementary school students consisting of 62 children. The instrument used in this research and development is a freestyle swim test instrument used to collect primary school students' data. The stages in the research and development are: (1) needs analysis, (2) expert evaluation (initial product evaluation ); (3) limited testing (small group trial); and (4) the main test (field testing). Model effectiveness test using freestyle skill test to know beginner skill before giving treatment in the form of swim-based free style pool model developed and to know swimming skill for elementary school students after treatment or treatment model developed. From the preliminary test, the students 'freestyle pool level was obtained 1214, then after the treatment was given the learning model obtained by the students' freestyle swimming pool level of 1346. So the free-based swimmer pool model for elementary school students is effective to improve freestyle swimming skill. Based on the results of the development it can be concluded that: (1) With the freestyle pool model can be developed and applied in the learning of Physical Education as well as improving the play based freestyle pool for elementary school students (2) With a play based free style pool model for elementary school students who have developed, obtained the effectiveness and results of the development of free-based model of play-based pool.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ahmad Sofyan Hanif, M.Pd ; 2). Dr. Abdul Sukur, S.Pd, M.Si
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Renang
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:05
Last Modified: 17 Jun 2022 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30472

Actions (login required)

View Item View Item