ANALISIS KINEMATIKA TENDANGAN TWIO DWI CHAGI CABANG OLAHRAGA TAEKWONDO PADA ATLET KOP TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SAKTIAJI DHANY PRASETYO, . (2016) ANALISIS KINEMATIKA TENDANGAN TWIO DWI CHAGI CABANG OLAHRAGA TAEKWONDO PADA ATLET KOP TAEKWONDO UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CURRICULUM VITAE.pdf

Download (210kB)
[img] Text
File PDF Skripsi (Saktiaji Dhany Prasetyo - 6315090275).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tendangan twio dwi chagi dilihat dari segi kinematik dengan aspek: 1. Kecepatan akhir, 2. Percepatan, 3. Titik tertinggi kaki tumpuan, dan 4. Sudut yang dibentuk oleh kaki saat perkenaan dengan sasaran. Pengambilan data ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Universitas Negeri Jakarta.Instrumen yang digunakan untuk Analisis Kinematika Tendangan Twio Dwi Chagi Cabang Olahraga Taekwondo Pada Atlet KOP Taekwondo Universitas Negeri Jakarta dengan metode deskriptif evaluative, menggunakan software analisis gerak “Kinovea” yaitu pada atlet KOP Taekwondo Universitas Negeri Jakarta dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan software kinovea. Populasi dalam penelitian ini adalah Atlet KOP Taekwondo Universitas Negeri Jakarta yang masih aktif berjumlah 30 orang. Sementara pada penelitian ini peneliti mengambil sampel sebanyak 10 orang yang di ambil dari populasi dengan menggunakan teknik yang memiliki tujuan tertentu (Purposive Sampling) yaitu berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik berupa: sampel yang dipakai yaitu putri, pernah mengikuti kejuaraan mewakili Universitas Negeri Jakarta selama tahun 2015-2016, dan mampu hadir pada saat waktu penelitian. Berdasarkan hasil data dari tes dan pengukuran yang dilakukan, diambil data terbaik untuk masing-masing variabel yang diukur dari aspek komponen teknik tendangan twio dwi chagi seperti kecepatan akhir, percepatan, jarak vertikal maksimal dan sudut yang dihasilkan kaki pada saat ii perkenaan dengan sasaran dari atlet KOP Taekwondo Universitas Negeri Jakarta. Nilai rata-rata untuk kecepatan akhir atlet KOP Taekwondo Universitas Negeri Jakarta yaitu 2,47 m/s, untuk atlet diatas rata-rata dengan teknik tendangan twio dwi chagi berdasarkan kecepatan akhir ada 3 orang atlet (30%). Nilai rata-rata untuk percepatan tangensial tendangan twio dwi chagi atlet KOP Taekwondo adalah -2,3 m/s², untuk atlet yang berada di atas rata�rata tersebut ada 5 orang atlet (50%). Nilai rata-rata untuk percepatan sudut tendangan twio dwi chagi atlet KOP Taekwondo adalah -9,25 rad/s², untuk atlet yang berada di atas rata-rata tersebut ada 5 orang atlet (50%). Nilai rata-rata untuk titik tertinggi kaki tumpuan tendangan twio dwi chagi pada atlet Taekwondo Universitas Negeri Jakarta adalah 15,41 cm, untuk atlet yang berada di atas rata-rata tersebut ada 3 orang atlet (30%). Nilai rata-rata untuk sudut yang dihasilkan kaki saat perkenaan dengan sasaran pada pelaksanaan gerakan tendangan twio dwi chagi pada atlet KOP Taekwondo UNJ adalah 126,90º, untuk atlet yang berada di atas rata-rata tersebut ada 5 orang atlet (50%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd 2) Dr. Iwan Hermawan, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 19 Jun 2022 02:04
Last Modified: 19 Jun 2022 02:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30486

Actions (login required)

View Item View Item