PENGARUH PENDIDIKAN IBU, INTERAKSI SOSIAL DAN PENGETAHUAN ORANGTUA MENGENAI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TERHADAP PENGASUHAN

UMI CHOIRIYAH, . (2017) PENGARUH PENDIDIKAN IBU, INTERAKSI SOSIAL DAN PENGETAHUAN ORANGTUA MENGENAI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TERHADAP PENGASUHAN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Tesis Umi Choiriyah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara pendidikan ibu, interaksi sosial orang tua (Ibu), dan pengetahuan orang tua mengenai perkembangan sosial emosional anak terhadap pengasuhan pada Orang tua murid Taman Kanak Kanak Perwanida Blitar Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode survey dan analisis jalur. Populasi Penelitian ini adalah Orang tua (Ibu) siswa Taman Kanak Kanak Perwanida, Blitar, Jawa Timur dengan jumlah populasi sebanyak 450 orang.Jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 orang dengan Teknik Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Terdapat pengaruh langsung antara: (a) Pendidikan Ibu terhadap interaksi social ibu(b) Pendidikan ibu terhadap pengasuhan (c) interaksi sosial terhadap pengasuhan (d) Pengetahuan orang tua mengenai perkembangan sosial emosional anak terhadap pengasuhan; 2). Terdapat pengaruh tidak langsung antara: (a) Pendidikan Ibu dengan Pengetahuan orang tua mengenai perkembangan sosial emosional anak terhadap Pengasuhan (b) Interaksi Sosial, Pengetahuan orang tua mengenai perkembangan sosial emosional anak terhadap Pengasuhan yang diterapkan dalam keluarga. This study aims to determine the influence of mother education, parent’s social interaction and their knowledge about the social-emotional development of children on their parenting. This study employs a qualitative approach with a survey method and path analysis. The population of this study was the 450 mothers of Perwanida kindergarten students. A sample of 120 mothers was taken with random sampling method. The results of this study show that: 1. There is a direct relation between (a) mother’s education background and her social interaction (b) mother’s education background and her parenting (c) mother’s social interaction and her parenting (d) parent’s knowledge about the socialemotional development of children and their parenting; 2.There is an indirect relationship between (a) mother’s education background and her knowledge of the social-emotional development of children and her parenting (b) mother’s social interaction, parent’s knowledge about the social-emotional development of children and their parenting

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr.R. Santosa Murwani ; 2). Dr. Suwirman Nurjadin MPd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 06:59
Last Modified: 22 Jun 2022 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30521

Actions (login required)

View Item View Item