PENERAPAN OUTDOOR GAMES ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK PELITA TIGA JAKARTA

SARIPPUDIN, . (2017) PENERAPAN OUTDOOR GAMES ACTIVITIES UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK PELITA TIGA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. RINGKASAN,KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
4. BAB I SARIP.pdf

Download (201kB)
[img] Text
5. BAB II SARIP.pdf

Download (427kB)
[img] Text
1. COVER SARIP.pdf

Download (24kB)
[img] Text
2.LEMBAR PERSEMBAHAN SARIP.pdf

Download (400kB)
[img] Text
8.BAB V SARIP.pdf

Download (0B)
[img] Text
6. BAB III SARIP.pdf

Download (263kB)
[img] Text
7. BAB IV SARIP.pdf

Download (0B)
[img] Text
10.ARTIKEL SARIP .pdf

Download (0B)
[img] Text
9.RIWAYAT HIDUP SARIP.pdf

Download (48kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan motivasi belajar pada siswa kelas X SMK Pelita Tiga Jakarta melalui penerapan Outdoor Games Activities. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMK Pelita Tiga yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani Kav No.98 RT.12 / RW.06, Pisangan Timur, Jakarta Timur, adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juli 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research), metode penelitian ini berkembang bersama-sama antara peneliti dan kolabolator untuk menentukan kebijakan dalam setiap peningkatan aspek pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pelita Tiga Jakarta. Jumlah subyek dalam penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas X SMK Pelita Tiga Jakarta. Kegiatan siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan memberikan hasil sebagai berikut: Guru memberikan motivasi belajar penjas kepada siswa sesuai rencana dan design pembelajaran, hasilnya adalah 26 atau 92,86% siswa pada kriteria kurang, 2 atau 7,14% siswa kategori cukup, dan tidak ada siswa pada kriteria baik atau 0%. iv Kegiatan siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1 memberikan hasil sebagai berikut: Guru memberikan motivasi belajar kepada siswa sesuai rencana dan design pembelajaran, hasilnya adalah 4 atau 14% siswa pada kriteria cukup, 24 atau 86% siswa kategori baik, dan tidak ada siswa pada kriteria kurang atau 0%. Data disimpulkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar dari penerapan outdoor games activities terhadap motivasi belajar pada siswa kelas X SMK Pelita Tiga Jakarta yang berarti motivasi belajar mereka sudah baik dan dari hasil penelitian ini diharapkan kegiatan seperti outdoor games activities harus rutin dilakukan. The purpose of this research is to cultivate the motivation of learning in students of class X SMK in Jakarta through the application of Three Lamp Outdoor Games Activities. This research was carried out at school SMK three Lamp located at JL. Jend. A. Yani Kav No. 98 RT/RW. 12.06, East Pisangan, East Jakarta, as for the time of the research conducted in May to July 2017. Research methods used in this study is a research method of action class (Class Room Action Research), research method developed jointly between the researcher and the kolabolator to determine policy in every aspect of the improvement of learning. The subjects in this study are students of class X SMK Lamp Three Jakarta. The number of subjects in this study consisted of 28 students of class X SMK Lamp Three Jakarta. The first cycle of activities realized through the action gives the following result: the teacher gives to students learning motivation according to ii plan and design the learning, the result is 26 or 92.86% of students on criteria less, 2 or 7.14% of students category enough, and there were no students on criteria or 0%. The second cycle activities are realized through the action result a reflection of cycle 1 gives the following result: the teacher gives the motivation of learning to students according to plan and design the learning, the result is 4 or 14% of students on criteria enough, 24 or 86% of students either category, and no students on criteria less or 0%. Data concluded that an increase in the motivation to learn from the implementation of the outdoor games activities towards learning motivation in students of class X SMK Lamp Three Jakarta which means their learning motivation is already good and from the results of this study are expected activities such as outdoor games activities must be conducted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd 2) Muhamad Arif S.Pd, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:30
Last Modified: 21 Jun 2022 03:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30525

Actions (login required)

View Item View Item