ANALISIS PENGARUH KOMPOSISI BAHAN TERHADAP KEKERASAN, WAKTU PENGEREMAN DAN PENGURANGAN MASSA KAMPAS REM DARI MATERIAL KOMPOSIT SERABUT KELAPA DAN SERBUK KAYU

ELVIN MUHAMMAD AJI NOVARAL, . (2017) ANALISIS PENGARUH KOMPOSISI BAHAN TERHADAP KEKERASAN, WAKTU PENGEREMAN DAN PENGURANGAN MASSA KAMPAS REM DARI MATERIAL KOMPOSIT SERABUT KELAPA DAN SERBUK KAYU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ELVIN MUHAMMAD AJI NOVARAL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan akan material kampas rem ramah lingkungan dan pemanfaatan limbah serabut kelapa dan serbuk kayu. Pemanfaatan limbah serabut kelapa dan serbuk kayu belum banyak diaplikasikan pada produk teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi serabut kelapa dan serbuk kayu terhadap kekerasan, waktu pengereman dan pengurangan massa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Parameter yang diuji adalah kekerasan, waktu pengereman dan pengurangan massa menggunakan alat uji kekerasan vickers dan alat uji waktu pengereman. Kampas rem yang digunakan spesimen KL40KY00 (serabut kelapa 40%, serbuk kayu 0%, dan resin 60%) , KL30KY10 (serabut kelapa 30%, serbuk kayu 10%, dan resin 60%), KL20KY20 (serabut kelapa 20%, serbuk kayu 20%, dan resin 60%), KL10KY30 (serabut kelapa 10%, serbuk kayu 30%, dan resin 60%), KL00KY40 (serabut kelapa 0%, serbuk kayu 40%, dan resin 60%). Hasil penelitian menunjukan bahwa komposisi serabut kelapa dan serbuk kayu mempengaruhi kekerasan, waktu pengereman dan pengurangan massa pada kampas rem. Spesimen yang paling mendekati karakteristik rem kontrol ditunjukan oleh spesimen KL00KY40 dengan nilai kekerasan sebesar 59 VHN, waktu pengereman pada temperatur 25°C sebesar 0,2 detik, 50°C sebesar 0,25 detik, 75°C sebesar 0,31 detik dan 100°C sebesar 0,37 detik dan pengurangan massa sebesar 0,0989 gram. This research is motivated the need of a brake lining materials which is environmentally friendly and waste utilization of coconut and wood fibers. Utilization of waste wood fibers and coconut fibers were not been applied to many technology products. This study aims to determine the effect of the composition of coconut and wood fibers against hardness, braking time and mass reduction. This study used an experimental method. The parameters tested were hardness, braking time and mass reduction using Vickers hardness tester equipment and braking time tester equipment. Brake lining are using specimens KL40KY00 (coconut fibers 40%, wood fibers 0%, and resin 60%), KL30KY10 (coconut fibers 30%, wood fibers 10%, and resin 60%), KL20KY20 (coconut fibers 20%, wood fibers 20% and 60% resin), KL10KY30 (10% coconut fibers, wood fibers 30%, and 60% resin), KL00KY40 (0% coconut fibers, wood fibers 40%, and 60% resin). The results showed that the composition of coconut and wood fibers affect the hardness, braking time and mass reduction on braking system. Specimens which have closest to the brake control characteristic shown by specimens KL00KY40 with hardness of 59 VHN, braking time at temperatures of 25°C for 0.2 seconds, 50°C for 0.25 seconds, 75°C for 0.31 seconds and 100 °C for 0.37 seconds and a mass reduction for 0.0989 grams.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Siska Titik Dwiyanti, S.Si., M.T 2) Dr. Riza Wirawan, S.T., M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:51
Last Modified: 22 Jun 2022 08:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30557

Actions (login required)

View Item View Item