PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE CAD DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMK

ELLY AGUSTINA, . (2017) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE CAD DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Elly Agustina 5315134483 (Skripsi).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap Penggunaan Software Cad dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 39 Jakarta terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Otomotif. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang ditimbulkan dengan menggunakan Software Cad dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu penggunaan Software Cad dan kemampuan berpikir kritis siswa serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar Gambar Teknik Otomotif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah secara Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 39 Jakarta sebanyak 85 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 56 siswa yang terdiri dari kelas XI TKR 2 dan XI TKR 3. Berdasarkan hasil perhitungan penelitian diketahui bahwa nilai rata rata kelas yang menggunakan software cad dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi adalah sebesar 87,5 sedangkan hasil perhitungan nilai rata rata kelas yang menggunakan alat gambar biasa dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi adalah sebesar 78,85714. Berdasarkan hasil perhitungan penelitian diketahui bahwa nilai rata rata kelas yang menggunakan software cad dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah adalah sebesar 85,75 sedangkan hasil perhitungan penelitian diketahui bahwa nilai rata rata kelas yang menggunakan alat gambar biasa dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah adalah sebesar 78,57143. This study aims to determine whether there is a significant impact on Use of Software Cad and Critical Thinking Skills Students Light Vehicle Engineering Department of SMK Negeri 39 Jakarta towards Learning Outcomes Picture of Automotive Engineering. The hypothesis of this research is that there is influence caused by using Cad Software and students' critical thinking ability to student learning result. The method used in this research is experimental method. This research there are two independent variables, namely the use of Software Cad and critical thinking skills of students as well as the dependent variable is the result of learning Picture of Automotive Engineering. Sampling technique in this research is Random Sampling. The population in this study is the students of class XI Vehicle Engineering Department of SMK Negeri 39 Jakarta as many as 85 students. Samples taken as many as 56 students consisting of class XI TKR 2 and XI TKR 3. Based on calculations reveal that the average value of the class using cad software and has a high critical thinking ability is is 87.5 while the average value calculation results A class that uses the usual drawing tools and has a high critical thinking ability of 78.85714. Based on the calculation results reveal that the average value of the class using cad software and have the ability to think critically low is at 85.75 while the calculation results reveal that the average value of the class using the usual drawing tools and the ability to think critically low is at 78, 57143.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Zulfiati, M.Pd 2) I Wayan Sugita, ST., MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Jun 2022 09:00
Last Modified: 22 Jun 2022 09:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30559

Actions (login required)

View Item View Item