ELISA GLORIA SINAGA, . (2017) PENGARUH INSTAGRAM TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA FREELANCE MAKE UP ARTIST MAHASISWA TATA RIAS UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skipsi ELISA GLORIA SINAGA _ 5535134180.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menggambarkan pengaruh instagram terhadap pendapatan freelance mahasiswa Tata Rias, Universitas Negeri Jakarta menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif pada objek penelitiannya yakni jumlah 10 orang mahasiswa yang berprofesi di bidang make up artist melalui instagram. Pengumpulan data menggunakan wawancara, focus group discussion, dan dokumentasi pengamatan langsung. Teknik analisis data, dilakukan dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion verification (penarikan kesimpulan). Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan meguji validitas data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi waktu pengumpulan data. Hasil penelitin ini menunjukan kesimpulan jika sebagian besar motivasi dari mahasiswa tata rias, Universitas Negeri Jakarta yang memilih profesi sebagai tenaga freelance make up artist adalah motivasi dari dalam diri yakni memiliki hobi untuk merias diri, dan dorongan keluarga dan tertarik karena melihat peluang yang besar pada profesi ini. Sedangkan tujuannya memilih profesi make up artist adalah menyalurkan hobi, menambah pendapatan, dan pengalaman serta kepuasan diri. Untuk menarik perhatian dari konsumen profile Instagram dibuat semenarik mungkin di dalamnya terdapat pasti banyak terdapat portofolio dan kontak pribadi. Menurut sebagian besar narasumber instagram dari segi komunikasi pemasaran aspek produk mengindikasikan jika produk instagram sangat simple dan mudah digunakan sehingga menjadi penggunaannya menjadi tren dan dari aspek place mengindikasikan jika instagram sangat luas jangkauan, tidak terbatas oleh waktu dan ruang serta dari aspek price mengindikasikan jika instagram sangat murah/ terjangkau oleh semua kalangan. Selain itu Instagram dari segi komunikasi pemasaran aspek promotion mengindikasikan jika instagram adalah media promosi yang efektif dan efesien. Instagram sebagai media promosi jangkauannya luas dan cepat sehingga mampu meningkatkan penghasilan terhadap pendapatan freelance mahasiswa tata rias, Universitas Negeri Jakarta sebesar dua kali lipat dari penghasilan sebelumnya. This study aims to describe the effect of instagram on freelance income of Makeup students, State University of Jakarta using qualitative research method with descriptive study approach on the research object that is 10 students who work in the field of make up artist through instagram Data collection using interviews, focus group discussions, and documentation of direct observation. Data analysis techniques, performed with data reduction, display data (presentation of data), and conclusion verification (validation of data) through triangulation of sources, triangulation of data collection techniques and triangulation time of data collection. The results of this study show the conclusion if most of the motivation of make up students, Jakarta State University who choose the profession as a freelance make up artist is the motivation of the self that has a hobby to make themselves, and family encouragement and interested in seeing the great opportunities in this profession . While the goal of choosing the artist make up profession is to channel hobbies, increase income, and experience and selfsatisfaction. To attract the attention of consumers Instagram profile is made as attractive as possible in it there are definitely many portfolio and personal contact. According to most instagram narasumber in terms of marketing communication product aspects indicate if the product instagram is very simple and easy to use so that its use becomes a trend and from the aspect of place indicates if instagram is very wide range, not limited by time and space and from the price aspect indicates if instagram is very Cheap / affordable by all circles. In addition Instagram in terms of marketing communication promotion aspects indicate if instagram is an effective and efficient promotion media. Instagram as a medium of wide reach and wide promotion so that it can increase income to student tatarias freelance income, State University of Jakarta equal to double of previous income.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Jenny Sista Siregar, M.Hum 2) Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 09:07 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 09:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30561 |
Actions (login required)
View Item |