TINDAK TUTUR DIALOG INTERAKTIF DALAM ACARA KICK ANDY DI METRO TV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA DI SMP.

LAVIKA PERMATASARI., . (2011) TINDAK TUTUR DIALOG INTERAKTIF DALAM ACARA KICK ANDY DI METRO TV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBICARA DI SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI LAVIKA PERMATASARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi, tindak tutur perlokusi, dan jenis tindak tutur dialog interaktif dalam acara Kick Andy di Metro TV. Penelitian ini dilaksanakan sejak semester VII tahun akademik 2010/2011 sampai semester VIII tahun akademik 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang diambil dari objek penelitian ini adalah dialog interaktif pada acara Kick Andy di Metro TV. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel, yaitu tabel analisis tindak tutur. Berdasarkan penelitian ini ditemukan 162 ujaran dialog interaktif dari 4 narasumber dialog interaktif dalam acara Kick Andy di Metro TV. Dari 162 ujaran tersebut tindak tutur lokusi yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur lokusi deklaratif, yaitu sebanyak 85 ujaran (51,23%) sedangkan tindak tutur lokusi yang paling sedikit digunakan adalah tindak tutur lokusi ekslamatif sebanyak 2 ujaran (1,23%). Tindak tutur ilokusi yang paling banyak digunakan adalah tindak tutur ilokusi repsentatif sebanyak 139 ujaran (85,80%) sedangkan tindak tutur ilokusi yang paling sedikit digunakan adalah tindak tutur ilokusi komisif dan tindak tutur ilokusi deklarasi sebanyak 1 ujaran (0,61%). Dalam dialog interaktif Kick Andy di Metro TV yang dianalisis diketahui bahwa dari 162 ujaran, semuanya mengandung tindak tutur perlokusi dengan persentase 100%. Dilihat dari jenis tindak tuturnya, jenis tindak tutur yang paling banyak digunakan adalah jenis tindak tutur langsung literal yaitu sebanyak 153 ujaran (94,44%) dan jenis tindak tutur yang paling sedikit digunakan adalah jenis tindak tutur tidak langsung literal dan jenis tindak tutur tidak langsung tidak literal yaitu sama-sama hanya sebanyak 2 ujaran (1,23%). v Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan pendekatan pragmatik khususnya tindak tutur dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Selain itu, diharapkan dialog interaktif khususnya pada acara Kick Andy di Metro TV dapat dijadikan inovasi baru dalam media pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat bervariasi dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Abdul Chaer, 2) Drs. Erfi Firmansyah M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Jun 2022 19:46
Last Modified: 22 Jun 2022 19:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30569

Actions (login required)

View Item View Item