ASPEK SITUASI BATAS EKSISTENSI KARL JASPERS PADA NOVEL BUMI CINTA KARANGAN HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

LELA PUSPITA DEWI, . (2011) ASPEK SITUASI BATAS EKSISTENSI KARL JASPERS PADA NOVEL BUMI CINTA KARANGAN HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LELA PUSPITA DEWI.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek situasi batas dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yang diperoleh melalui analisis aspek situasi batas eksistensi Karl Jaspers. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan aspek situasi batas eksistensi Karl Jaspers. Penelitian ini difokuskan pada bentuk nilai-nilai situasi batas yang membatasi eksistensi tokoh-tokoh dalam novel Bumi Cinta. Situasi batas merupakan bentuk-bentuk situasi yang membatasi eksistensi setiap orang dalam pergaulannya terhadap orang lain maupun kelompok-kelompok sosial tertentu. Dalam situasi batas terdapat dua bentuk kategori batas-batas eksistensi manusia, yakni situasi batas khusus dan umum. Yang termasuk situasi batas umum ialah faktisitas dan nasib, sedangkan situasi batas khusus ialah penderitaan, perjuangan, kesalahan, dan kematian. Dari kedua bentuk situasi batas ini, konsep situasi batas khususlah yang akan peneliti jadikan landasan teori untuk menggali nilai-nilai aspek situasi batas dalam novel Bumi Cinta. Bentuk-bentuk situasi batas dalam novel Bumi Cinta diperoleh berdasarkan analisis nilai-nilai situasi batas Karl Jaspers. Analisis situasi batas yang dilakukan meliputi aspek penderitaan, perjuangan, kesalahan, dan kematian. Adapun teori situasi batas yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendapat dari Karl Jaspers yang mengatakan bahwa di dunia ini tidaklah ontologi yang universal, karena keuniversalan itu akan mampu menyingkap Ada sebagai realitas Dasein. ii Keuniversalan dalam entitas Dasein diganti dengan bentuk-bentuk situasi batas yang membatasi eksistensi kehidupan setiap orang. Hal ini disebabkan bahwa manusia adalah makhluk yang selalu terikat dengan situasi-situasi tertentu. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan bagi pembelajaran sastra di SMA, dan dapat menambah pengetahuan serta membuka wawasan siswa tentang aspek situasi batas eksistensi Karl Jaspers. Novel Bumi Cinta sebagai novel religi dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Helvy Tiana Rosa, M.Hum. 2) Drs, Utjen Djusen, M.Hum.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Jun 2022 19:49
Last Modified: 22 Jun 2022 19:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30570

Actions (login required)

View Item View Item