PEMAHAMAN TEKNIK DASAR PENJAGA GAWANG USIA 12 – 14 TAHUN DENGAN METODE VISUAL DI SEKOLAH SEPAKBOLA WILAYAH JAKARTA

SUGENG YUNIAR BERLIANTO, . (2016) PEMAHAMAN TEKNIK DASAR PENJAGA GAWANG USIA 12 – 14 TAHUN DENGAN METODE VISUAL DI SEKOLAH SEPAKBOLA WILAYAH JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SUGENG YUNIAR BERLIANTO.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman Teknik Dasar penjaga gawang usia 12 – 14 tahun di Sekolah Sepakbola Wilayah Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan menggunakan teknik survey penyebaran angket sebagai instrumen penelitian dalam pengumpulan data. Data diperoleh dari jawaban angket yang diisi oleh penjaga gawang usia 12 – 14 tahun yang berada di Sekolah Sepakbola (SSB) wilayah jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penjaga gawang yang berada di Sekolah Sepakbola di wilayah Jakarta dengan semua kategori usia. Dari 35 soal yang telah diisi oleh 30 penjaga gawang terdapat hasil jumlah persentase pemahaman Teknik Dasar penjaga gawang di SSB wilayah Jakarta. Kategori pemahaman Teknik Dasar penjaga gawang di SSB wilayah Jakarta dapat di persentasekan sebagai berikut. Dari data yang diperoleh dan didapatkan, Jadi dari 30 penjaga gawang di SSB wilayah Jakarta sebanyak 7 (23,33%) penjaga gawang cukup paham terhadap keenam teknik dasar penjaga gawang yang ditampilkan dengan metode visual. Dan sebanyak 23 (76,66%) penjaga gawang paham terhadap keenam teknik dasar penjaga gawang yang ditampilkan dengan metode visual. Hasil ini didapatkan dari kebenaran angket yang sudah mereka isi. ii Dari data diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa metode visual sangat cocok diberikan kepada anak usia 12 – 14 tahun karena lebih dari 76% dari sampel paham terhadap metode visual ini. Karena dari teori-teori yang sudah diterangkan bahwa metode visual adalah metode yang menarik penampilannya dan memberikan suasana yang lebih hidup, disamping itu dapat pula digunakan untuk memperlihatkan suatu proses tertentu secara lebih nyata. Media ini juga memiliki manfaat apabila digunakan yaitu memperbesar perhatian anak dan memberikan pengalaman yang nyata untuk anak bisa meletakkan dasar-dasar yang konkrit untuk berpikir. Sehingga mudah untuk anak mencerna apa yang diinstruksikan oleh pelatih menggunakan metode visual ini. The purpose of the implementation of this research is to know the level of understanding of the basic techniques of goalkeeping ages 12 – 14 years at Jakarta soccer school. Research methods used in this research is descriptive method. By using the technique of survey question form as an instrument of dissemination of research in data collection. Data obtained from answers question form which is filled out by goalkeeper ages 12 – 14 years old who are in school Football (SSB) jakarta. The population in this study are all the goalkeeper who was in the region Jakarta soccer school with all categories of age. Of the 35 questions have been filled by 30 goalkeeper there are number of results the percentage of understanding of the basic techniques of goalkeeping in SSB Jakarta area. The categories of the understanding of the basic techniques of goalkeeping in SSB Jakarta can be persentasekan as follows. From the data obtained and invalidated, so from 30 goalkeeper in SSB Jakarta area by as much as 7 (23,33%) keeper of the sixth against well�informed basic techniques of goalkeeping displayed with visual methods. And as much as 23 (76,66%) know that the goalkeeper against the six basic techniques of goalkeeping displayed with visual methods. This result is obtained from the truth of their contents already now. From the above data can be drawn the conclusion that the visual method is particularly suitable given to children age 12 – 14 years because of iv more than 76% of the sample visual method against this doctrine. Because of theories that have already explained that the visual method is a method that draws his performance and deliver a more vivid, in addition can also be used to show a specific process in a more real. The media also has benefits when used i.e. enlarge children's attention and provide a real experience for children can be laid the foundations for concrete thinking. So it is easy for children to digest what was instructed by coach using visual methods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Bambang Sujiono, M.Pd 2) Hadi Rahmaddani, S.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 23 Jun 2022 20:15
Last Modified: 23 Jun 2022 20:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30575

Actions (login required)

View Item View Item