ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN UNTUK MENCEGAH KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN TOL CAWANG-TOMANG-CENGKARENG (JAKARTA INNER RING ROAD) TAHUN 2016

DWI KRESHNA NOVIANTO, . (2017) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN UNTUK MENCEGAH KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN TOL CAWANG-TOMANG-CENGKARENG (JAKARTA INNER RING ROAD) TAHUN 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DWI KRESHNA NOVIANTO (5315136257).pdf

Download (4MB)

Abstract

Peningkatan volume kendaraan bermotor di dunia khususnya di negara Indonesia akan berdampak pula dengan meningkatnya volume jumlah kecelakaan yang terjadi di jalan. Menurut WHO ( World Health Organization) 1,2 Juta Orang meninggal pada kecelakaan lalu lintas di dunia. Hal itu menandakan setiap harinya ada sebanyak 3242 orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, metode yang di gunakan adalah Cross Sectional. Pada Penelitian ini digunakan data sekunder berupa data laporan tahunan PT. Jasamarga cabang Cawang-Tomang-Cengkareng selama Tahun 2016. dimana faktor penyebab kecelakaan yaitu Faktor manusia, faktor kendaraan, dan faktor lingkungan. Data Hasil Penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakn antara faktor manusia,faktor kendaran,dan faktor lingkungan terhadap kecelekaan dengan menibulkan adanya korban. Manusia (P=0,755) Kendaraan (P=1,000) dan Lingkungan (P=0,314). Namun dilihat dari nilai OR faktor manusia (OR=1,251) dan kendaraan (OR=1,006) kali beresiko (berpeluang) menyebabkan kecelakaan dengan menimbulkan adanya korban. Dari faktor manusia meliputi Kurang antisipasi (OR= 1,257), lengah (OR=0,764), mengantuk(OR= 0,750), mabuk( OR=0.764), tidak tertib, (OR=1,556) dari faktor manusia kurang antisipasi dan tidak tertib berisiko 1,257 dan 1,556 kali beresiko( berpeluang) menyebabkan kecelakaan lalu lintas dengan menimbulkan korban jiwa. Dari faktor kendaraan meliputi ban pecah selip( OR= 1,257) Rem blong ( OR=0,755) kerusakan mesin-mekanis (OR=0,755) dari faktor kendaraan ban pecah selip beresiko ( berpeluang) 1,257 kali menyebabkan kecelakaan dengan menimbulkan adanya korban. dari faktor lingkungan meliputi kendaraan berhenti-hewan (OR=0,242) tidak beresiko menyebabkan kecelakaan dengan menimbulkan korban jiwa. Untuk mencegah kecelakaan di jalan Tol Cawang-Tomang-Cengkareng dari segi faktor manusia yaitu dengan kampanye untuk berkendara selalu dalam kondisi yang siap sedia, upayakan pihak kepolisian menindak tegas bagi pengemudi yang tidak tertib dalam berkendara agar terciptanya keamanan dan keselamatan berkendara. dan anjuran selalu beristirahat jika sudah Lelah dalam berkendara. Untuk dari segi kendaraan yaitu dengan kampanye kondisi ban dan kondisi dari rem dengan melalui media cetak maupun elektronik untuk menganjurkan kepada pengguna kendaraan pentingnya kondisi ban dan kondisi rem agar tetap prima. Increasing the volume of motor vehicles in the world, especially in the country of Indonesia will also affect the increase in the volume of accidents that occur on the road. According to WHO (World Health Organization) 1.2 Million People died in traffic accidents in the world. It indicates every day there are as many as 3242 people who died from traffic accidents. This research uses quantitative research method with descriptive approach, the method used is Cross Sectional. In this research used secondary data in the form of annual report data of PT. Jasamarga branch Cawang-Tomang-Cengkareng during the Year 2016. where the factors causing accidents are human factors, vehicle factors, and environmental factors. Research data shows that there is no significant correlation between human factor, vehicle factor, and environmental factor to the accident by causing the victim. Human (P = 0.755) Vehicle (P = 1,000) and Environment (P = 0.314). However, judging by the OR value of human factor (OR = 1,251) and vehicle (OR = 1.006) times the risk (chance) caused the accident by causing the victim. From human factors include Less anticipated (OR = 1,257), careless (OR = 0.764), drowsiness (OR = 0.750), intoxication (OR = 0.764), disorderly, (OR = 1,556) of human factor less anticipated and disorganized risk 1,257 and 1,556 times are at risk (potentially) causing traffic accidents by causing casualties. (OR = 0,755) Mechanical damage (OR = 0,755) from vehicle tire factor slip at risk (chance) 1,257 times caused accident by causing the victim. Of environmental factors including animal-stop vehicles (OR = 0.242) are not at risk of causing accidents by causing fatalities. To prevent accidents in the Cawang-Tomang-Cengkareng toll road in terms of human factors ie with a campaign to drive always in a ready condition, try the police force crack down for the driver who is not orderly in driving in order to create safety and safety driving. And suggestions always rest if it is Tired in driving. For the terms of the vehicle that is with the tire conditions and conditions of the brakes campaign through the print or electronic media to encourage the vehicle users the importance of tire conditions and brake conditions in order to remain excellent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Darwin Rio Budi Syaka, M.T 2) Pratomo Setyadi, S.T, M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:03
Last Modified: 24 Jun 2022 08:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30621

Actions (login required)

View Item View Item