EVALUASI PELAKSANAAN PRAKERIN BERDASARKAN PEDOMAN PRAKERIN DI SMKN 3 DEPOK PROGRAM KEAHLIAN BATU & BETON

DWI ANUGERAH, . (2016) EVALUASI PELAKSANAAN PRAKERIN BERDASARKAN PEDOMAN PRAKERIN DI SMKN 3 DEPOK PROGRAM KEAHLIAN BATU & BETON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORITIK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV HASIL & PEMBAHASAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (154kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Abstract Indo - Eng.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pelaksanaan prakerin terhadap pedoman dan kendala yang terjadi pada pelaksanaan program praktik kerja industri berdasarkan fakta lapangan di SMKN 3 Depok yang mencakup : (1) pelaksanaan persiapan prakerin: (a) penandatanganan MoU, (b) pengajuan surat DUDI , (c) pendataan siswa diterima prakerin, (d) pembekalan prakerin; (2) pelaksanaan prakerin peserta didik: (a) tugas dan kewajiban peserta didik, (b) tugas dan kewajiban pembimbing; (3) pelaksanaan evaluasi prakerin: (a) penyusunan laporan prakerin, (b) uji karya tulis laporan prakerin; (4) mengidentifikasi kendala yang ada dalam pelaksanaan praktik kerja industri. Penelitian dilakukan di SMK N 3 Depok keahlian teknik batu & beton. Subyek penelitian sebanyak 39 peserta didik, 8 orang panitia prakerin, 8 pembimbing teknis dan 6 pembimbing sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan pertanyaan tertutup , wawancara dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif menggunakan presentase melalui angket (persiapan prakerin dan pelaksanaan prakerin) , diperjelas dengan hasil reduksi dari data wawancara dan bukti dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik kerja industri di SMK N 3 Depok program keahlian batu & beton secara keseluruhan meliputi: (1) pelaksanaan persiapan prakerin: (a) penandatanganan MoU dalam kategori sangat baik (91%), (b) pengajuan surat permohonan DUDI kategori baik (86%), (c) pembekalan prakerin dalam kategori sangat baik (91%) untuk panitia prakerin dan vi kategori baik untuk peserta didik (84%) (2) pelaksanaan prakerin berdasarkan angket peserta didik: (a) kinerja peserta didik yang terdiri dari tugas dan kewajiban selama prakerin masuk dalam kategori baik (83%) , (b) kinerja pembimbing praktik kerja industri dari sekolah dalam kategori cukup (75%) kinerja pembimbing dari DUDI masuk dalam kategori cukup (75%); (3) Berdasarkan hasil wawancara dan analisis dokumentasi pada penerapannya kegiatan evaluasi berjalan sesuai dengan petunjuk pedoman dengan kategori baik. This research seeks to achievement, constraint and current problem about impelementation of industry practice undertaken by the state vocational school 3 of Depok based on current facts, consist of : (1) preparation of execution prakerin : (a) signature to corperate (MoU) (b) submission letter to DUDI (c) collection of data student who accepted to do prakerin (d) preparation of subject prakerin ; (2) execution prakerin ; (a) task & duty student during prakerin (b) task & duty mentor of DUDI during prakerin (c) task & duty teacher of school during prakerin (3) implementation evaluation ; (a) to arrange report of prakerin (b) presentation test of report prakerin ; The research held on state vocational school 3 depok for major technology stone & concrete. Using model by evaluation free goal model The subject of research with consists of 39 student and 22 implementation organizer prakerin. Collect information method by quesioner, interview and real documents. Analysis information by quantitative description. Result by quesioner developed to be persentase and clarified with result reduction interview and real documents. Result of research evaluation such as : (1) preparation of execution prakerin ; (a) signature to corperate (MoU) in very good category (91%) (b) submission letter to DUDI in good category (86%) (c) collection of data student who accepted to do prakerin in good category (86%) (d)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Daryati MT 2) Dra. Rosmawita Saleh, M. Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:09
Last Modified: 24 Jun 2022 08:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30622

Actions (login required)

View Item View Item