PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DITA RATNA SARI, . (2016) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Dita Ratna Sari.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (198kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran berbasis flash dan seberapa efektif pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada mata kuliah praktikum fisika. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development. Tahapan dalam penelitian ini dimulai dengan pengumpulan informasi, menganalisa kebutuhan, merancang, membuat media pembelajaran berbasis flash, di ujikan kepada dosen ahli dan dilakukan uji coba kepada mahasiswa. Hasil validasi dosen ahli materi dari jurusan fisika menyatakan bahwa media yang dibuat layak untuk dijadikan sebagai media pembelajaran dengan persentase 100%. Dan hasil validasi dosen ahli media dari jurusan teknologi pendidikan juga menyatakan bahwa media yang dibuat layak dijadikan media pembelajaran praktikum fisika dengan presentase 100%. Kemudian media pembelajaran praktikum fisika diuji cobakan kepada mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari pengujian kelas eksperimen didapat nilai tertinggi yaitu 100 dan nilai terendah 54,29 dengan rata-rata nilai sebesar 83,715 dan hasil uji normalitas untuk kelas eksperimen Lhitung (0,153) < Ltabel (0,198) sedangkan hasil dari pengujian kelas kontrol di peroleh nilai tertinggi 99,57 dan nilai terendah 51,43 dengan rata-rata nilai 74,42 dan hasil uji normalitas untuk kelas kontrol Lhitung (0,130) < Ltabel (0,209). Setelah diperoleh bahwa data berdistribusi normal, kemudian dilakukan uji homogenitas dengan hasil fhitung (1,32) < ftabel (2,243) maka dinyatakan data homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t 2 sampel independen, dan diperoleh hasil yang baik. Hasil perhitungan pada taraf signifikansi signifikansi α = 0,05 dengan db = 36 diperoleh ttabel = 2,028 dan didapat thitung = 2,10. Karena thitung > ttabel maka hipotesisnya Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis flash ini efektif digunakan dalam pembelajaran. This study aims to determine how to develop flash -based learning media and how effective the flash-based learning media development in physics practicum courses. The method used is the method of Research and Development. The stages on this research is started by collecting information, analyzing requirements, designing, creating flash based learning, the media validation was examined by the expert lecturers and conducted trials to students. Validation results from expert lecturers of the physics department stated that the media is made worthy to be used as a medium of learning with a percentage of 100%. And the validation results from media expert lecturers of the department of education technology also stated that the media is made worthy to be used as medium of learning in the physics lab with a percentage of 100%. Then the medium of learning physics lab was tested to students who are divided into two classes, which are the experimental and control classes. The results of testing an experimental class trial obtained the highest score of 100 and the lowest score of 54,29 with an average score of 83,715 and normality test results for an experimental class Lhitung (0,153) < Ltabel (0,198) while the results of control class obtaining the highest score of 99,57 and the lowest score of 51,43 with an average score of 74,42 and normality test results for grade control class Lhitung (0,130) < Ltabel (0,209). After getting result that the data was distributed normal then conducted the homogeneity test with results of Fhitung (1,32) < Ftable (2,243) then it declared then the data is homogeneous. After that hypothesis test was conducted by using t-test two independent samples, and it was obtained good results. The results of calculations at significance level α = 0,05, and degreefreedom = 36 it was obtained ttabel = 2,028 and thitung = 2,10. Since thitung > ttabel, therefor the hypothesis Ho is rejected. It can be concluded that this flash-based learning media is effectively used in learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Faried Wadjdi, M.Pd 2) Dra. Ermi Media‟s
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:25
Last Modified: 24 Jun 2022 08:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30626

Actions (login required)

View Item View Item