UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 198 JAKARTA TIMUR

WIDI DWI SAPUTRA, . (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TENDANGAN DEPAN PENCAK SILAT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 198 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI WIDI.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan tendangan depan pencak silat pada siswa kelas VII SMP 198 Jakarta Timur. Serta membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu penilitian tindakan kelas dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian melibatkan 1 kolaborator dan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing – masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Kondisi awal siswa yang diteliti belom mengangkat kaki setinggi paha sehingga sasaran belom tepat dan kurang aktif dalam proses pembelajaran, Hasil dari siklus pertama sebagai berikut : 1) Guru memberikan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sesuai dengan rencana penelitian dan hasilnya adalah 16 siswa aktif dan senang dengan kegiatan pembelajaran, 9 siswa kurang aktif, dan 6 siswa pasif. 2) Nilai rata – rata siswa pada siklus 1 dalam pembelajaran tendangan depan adalah 50.45. ii Hasil dari siklus kedua yang merupakan refleksi dari siklus pertama sebagai berikut : 1) Guru memberikan pembelajaran yang dapat memotivasi siswa sesuai dengan rencana penelitian dan hasilnya adalah 26 siswa aktif dan senang dengan kegiatan pembelajaran, 3 siswa kurang aktif, dan 2 siswa pasif. 2) Nilai rata – rata siswa pada siklus 2 dalam pembelajaran tendangan depan adalah 52.70. Hasil akhirnya adalah peningkatan siswa yang aktif dalam pembelajaran dan penurunan siswa yang kurang aktif serta pasif. Peningkatan juga terdapat pada nilai rata – rata kelas siklus kedua. Maka pendekatan bermain yang diterapkan dalam pembelajaran tendangan depan pencak silat dapat meningkatkan kemampuan tendangan depan pencak silat siswa SMP 198 Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. H.Johansyah Lubis, M.Pd 2) Eka Fitri Novita Sari, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:56
Last Modified: 25 Jun 2022 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30652

Actions (login required)

View Item View Item