HUBUNGAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA MAHASISWA KLUB SEPAK BOLA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN TAHUN 2014

WILDAN MIFTAHUL FAUZY, . (2015) HUBUNGAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA MAHASISWA KLUB SEPAK BOLA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN TAHUN 2014. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui (1) hubungan antara kecepatan dengan keterampilan menggiring bola (2) hubungan antara kelincahan dengan keterampilan menggiring bola dan (3) hubungan kecepatan dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola pada mahasiswa Klub sepak bola Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2014 secara bersama-sama. Penelitian ini dimulai pada tanggal 10 Desember 2014 di Universitas Negeri Jakarta dan pengolahan data di Universitas Negeri Jakarta, menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Dari jumlah 60 orang populasi dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu memilih sampel berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 30 mahasiswa angkatan 2014 tersebut masih aktif pada saat penelitian, tidak dalam keadaan sakit, mahasiswa angkatan tahun 2014. Instrumen penelitian ini yaitu (1) Tes kecepatan dengan Curved Sprint Test dengan satuan detik, (2) Tes kelincahan dengan Arrowhead Agillity Test dengan satuan detik dan (3) Tes menggiring bola dengan Short Dribbling Test menggunakan satuan detik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi sederhana dan berganda dan dilanjutkan dengan uji t pada taraf signifikasi α = 0.05, berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : (1) terdapat hubungan antara kecepatan dengan keterampilan menggiring bola diperoleh nilai korelasi y= 0,95 dan koefisien determinasi = 0,9025 ii yang berarti sumbangan kecepatan terhadap kemampuan menggiring bola adalah 90,25 %, (2) terdapat hubungan antara kelincahan dengan keterampilan menggiring bola dengan nilai korelasi = 0,94 dan koefisien determinasi 0,8836 yang berarti sumbangan kelincahan terhadap kemampuan menggiring bola adalah 88,36% dan (3) terdapat hubungan antara kecepatan dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola yang diperoleh nilai = 5,4 dan koefisien determinasi = 29,16 yang berarti sumbangan kecepatan dan kelincahan dengan kemampuan menggiring bola secara bersama-sama adalah 29.16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecepatan dan kelincahan dengan keterampilan menggiring bola pada mahasiswa Klub sepak bola Universitas Negeri Jakarta angkatan 2014.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ika Novitaria M., S.Pd, SE 2) Drs. Nursaelan Santoso
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:17
Last Modified: 25 Jun 2022 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30654

Actions (login required)

View Item View Item