GAYA BAHASA DALAM SLOGAN RESTORAN SIAP SAJI

ADJI SAPUTRO, . (2011) GAYA BAHASA DALAM SLOGAN RESTORAN SIAP SAJI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
LANGUAGE STYLES OF FAST FOOD RESTAURANT’S SLOGANS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana gaya Bahasa Inggris dalam slogan restoran siap saji. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan perangkat stilistikpola suara, citra, pemilihan leksikal dan majasdalam konstruksi slogan restoran siap saji. Analisis isi kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisis data yang terdiri dari lima puluh slogan restoran siap saji. Akhirnya, hasil penelitian menunjukan bahwa dari temuan pola suara, 37 dari 50 slogan mengikuti pola suara tertentu dalam pemilihan leksikalnya dengan pemunculan berulang asonansi sebanyak 58%. Penerapan pola suara dalam slogan dapat membuat slogan lebih enak dibaca serta lebih mudah diingat sehingga menempel di benak para pembaca. Sementara itu, dari temuan citra, citra penglihatan dan citra rasa menjadi yang paling sering muncul dalam pemilihan leksikalnya dengan persentase 60% dan 48%. Hal ini karena kedua citra tersebut dianggap sebagai citra yang lebih mengena dalam memunculkan gagasan makanan siap saji dalam benak para pembaca. Terakhir, dari temuan majas, yang paling sering digunakan dalam pemilihan leksikalnya adalah majas hiperbola dengan persentase 74% karena dianggap secara persuasif dapat menekankan apa yang restoran siap saji coba sampaikan. Dengan demikian, secara keseluruhan penulis berpendapat bahwa penerapan perangkat stilistik dalam periklanan menjadi suatu yang esensial dengan alasan bahwa perangkat tersebut tidak hanya membuat suatu iklan menjadi enak dibaca dan mudah diingat, tetapi juga membuatnya menjadi lebih persuasif dalam menyampaikan apa yang sang penjual ingin sampaikan mengenai produk mereka kepada para pembaca sehingga dapat menarik mereka untuk membeli produk yang ditawarkan. This study aimed to examine how the styles of English Language in fast food restaurant‘s slogans are. Specifically, the purpose of this study was to investigate the application of stylistics devicessound pattern, imagery, lexical selection and figure of speechwithin the construction of fast food restaurant‘s slogans. Qualitative content analysis was utilized in this study to analyze the data which consisted of fifty fast food restaurant‘s slogans. Eventually, the result of the study revealed that of the sound pattern finding, 37 of 50 slogans followed certain sound pattern within their lexical selection with assonance turned to be the sound pattern that recurrently appeared with the percentage of 58%. The application of sound pattern in the slogan could make the slogan catchier so that it sticks in the readers‘ minds. Meanwhile, of the imagery finding, sight and taste imagery became the most frequently appeared within their lexical selection with the percentage of 60% and 48%. It is because those two imageries considered as imageries that could aptly present the notion of fast food within the minds of the readers. Lastly, of the figure of speech finding, the most frequently used within their lexical selection is overstatement with the percentage of 74% because it is considered could persuasively emphasize what the fast food restaurant trying to say. All in all, the writer considered the application of stylistics devices in advertisements is essential for the reason that it does not only make certain advertisement easy to learn and memorable, but also more persuasive in conveying what the sellers want to say about their products to the readers so that it can attract them to buy the product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Ratna Dewanti, M.Pd 2) Dra. Helena D, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Jun 2022 11:27
Last Modified: 25 Jun 2022 11:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30675

Actions (login required)

View Item View Item