PENGARUH METODE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MEMUSIKALISASIKAN PUISI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IX SMP DIPONEGORO 1 JAKARTA

AHMAD FAUZI, . (2011) PENGARUH METODE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN MEMUSIKALISASIKAN PUISI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IX SMP DIPONEGORO 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD FAUZI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif metode Team Games Tournament terhadap kemampuan musikalisasi puisi siswa kelas IX SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Diponegoro 1 Jakarta pada tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini sebanyak 70 siswa yang dipilih secara acak berdasarkan tiga kelas yang ada di kelas IX. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode Team Games Tournament dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan musikalisasi puisi adalah prates dan postes yang masing-masing berupa pilihan ganda sebanyak 10 soal dan esai sebanyak 3 soal. Kedua instrumen, yaitu prates dan postes sebelumnya telah diujicobakan. Untuk menganalisis data dipergunakan Uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Lilliefors dan uji Barlett pada taraf signifikan menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal homogen. Penelitian ini menunjukan bahwa perolehan hasil belajar musikalisasi puisi dengan metode Team Games Tournament lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan metode Team Games Tournament dengan thitung = 3,79 dan ttabel = 1,70 dengan dk = 68 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Team Games Tournament terhadap kemampuan musikalisasi puisi pada siswa kelas IX SMP Diponegoro 1 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Suhita, M.Pd 2) N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Jun 2022 11:32
Last Modified: 25 Jun 2022 11:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30676

Actions (login required)

View Item View Item