PENGARUH STRATEGI SYNERGETIC TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BERDISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS VIII SMPN 3 DEPOK

ARNITIA PERMANA, . (2011) PENGARUH STRATEGI SYNERGETIC TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BERDISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS VIII SMPN 3 DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ARNITIA PERMANA.pdf

Download (894kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh strategi Synergetic Teaching terhadap kemampuan berdiskusi kelompok siswa kelas VIII SMPN 3 Depok ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Depok mulai Oktober sampai dengan November 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretes dan postes dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Jakarta yang berjumlah 10 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak untuk mendapatkan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tiap kelas diambil sampel sebanyak 40 siswa yang diperoleh berdasarkan data yang terkumpul dari pretes sampai dengan postes. Kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunakan strategi Synergetic Teaching, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional, yakni ceramah dan tanya jawab. Hasil penelitian diperoleh dari uji normalitas berdistribusi normal (L0 < Lt) pada postes kelas ekperimen (0,1017 < 0, 886) dan kontrol (0,0796 < 0,886), dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,0886. Pada uji homogenitas data tersebut mempunyai varians yang sama dan homogen. Digunakan uji Barlett, X2 hitung < X2 tabel yaitu 5,39 < 55,8, dengan taraf signifikasi 1 – α = 0,95. Pada uji-t menyatakan bahwa terdapat pengaruh strategi Synergetic Teaching terhadap kemampuan berbicara dalam berdiskusi kelompok dengan hasil thitung > ttabel yaitu 5,49 > 1,66 pada dk = 78, dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui pula bahwa kelas eksperimen mencapai peningkatan rata-rata lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan pada kelas eksperimen yaitu 15,525 angka dari nilai rata-rata pretes sebesar 58,9 dan 74,425 pada postes, sedangkan kenaikan nilai pada kelas kontrol hanya mencapai angka 9,125 dari nilai rata-rata pretes sebesar 56,225 dan 65,35 nilai rata-rata postes. Strategi Synergetic Teaching dapat dijadikan sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam berdiskusi kelompok. Hal ini disebabkan seseorang yang memiliki kemampuan berbicara membutuhkan pengetahuan yang lengkap. Strategi Synergetic Teaching dapat melengkapi pemahaman siswa tentang informasi yang didapat karena dalam strategi ini, siswa mendapatkan dua pengalaman yang berbeda (membaca materi dan mendengarkan ceramah), siswa pun diminta untuk mendiskusikan pengetahuan yang didapat sebelum berdiskusi di depan kelas. Strategi Synergetic Teaching juga dapat diimplikasikan dalam pembelajaran lain, misalnya dalam kemampuan menulis ringkasan. Dengan menerapkan langkah-langkah strategi ini, siswa mampu menangkap informasi yang didapat secara penuh. Kemudian, siswa dapat membandingkan catatan-catatan untuk saling melengkapi sehingga hasil ringkasan akan menjadi lengkap dan utuh namun singkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M. Si 2) Drs. Krisanjaya, M.Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Jun 2022 12:38
Last Modified: 25 Jun 2022 12:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30683

Actions (login required)

View Item View Item