ASTIKAWATI, . (2011) PENGARUH METODE LEARNING TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 58 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ASTIKAWATI (2115061254).pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Learning Tournament terhadap hasil belajar menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 58 Jakarta Timur ajaran 2009/2010 . Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 58 Jakarta Timur mulai Maret sampai dengan Mei 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan pretes dan postes dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 58 Jakarta Timur yang berjumlah 9 kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak untuk mendapatkan satu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tiap kelas diambil sampel sebanyak 30 siswa yang diperoleh berdasarkan data yang terkumpul dari pretes sampai denagn postes. Kelas eksperimen merupakan kelas yang menggunakan metode Learning Tournament, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode guru sehari-hari, yakni ceramah dan tanya jawab. Sebelum dianalisis, dilakukan uji persyaratan data sampel yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas digunakan uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan, diperoleh L0 untuk kelas eksperimen sebesar 0,1596 dan L0 untuk kelas kontrol sebesar 0,1564. Lt yang didapat pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,161. Dapat disimpulkan bahwa sampel pada penelitian berdistribusi normal karena L0 < Lt. untuk uji homogenitas, digunakan uji Barlett. Dari hasil perhitungan, diperoleh X2 hitung sebesar 1,3. Berdasarkan daftar distribusi kuadrat dengan dk = 58 pada taraf signifikansi 1 – α = 0,95 diperoleh X2 tabel sebesar 42,6. Dari hasil trsebut X2 hitung = 1,3 lebih kecil dibandingkan X2 tabel = 42,6. Dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki varians yang homogen. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji-t. berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung sebesar 5,7 pada dk = 58 dan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa hasil penelitian menolak hipotesis nol, yaitu tidak terdapat pengaruh metode Learning Tournament terhadap hasil belajar menulis cerpen. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Learning Tournament terhadap hasil belajar menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui pula bahwa kelas eksperimen mencapai peningkatan rata-rata lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan pada kelas eksperimen yaitu 14,17 angka dari nilai rata-rata pretes sebesar 70 dan 84,17 pada postes,, sedangkan kenaikan nilai pada kelas kontrol hanya mencapai angka 1,6 dari nilai rata-rata pretes sebesar 66,63 dan 68,23 nilai rata-rata postes. Metode Learning Tournament dapat dijadikan sebagai salah satu metode dalam meningkatkan hasil belajar menulis cerpen. Hal ini dikarenakan metode ini dapat melatih siswa untuk menuliskan cerita dengan ide yang berasal dari pengalaman dan lingkungan yang kemudian dikembangkan menjadi suatu cerita. Oleh karena itu, metode Learning Tournament dapat digunakan guru untuk membantu kegiatan pembelajaran di kelas. Metode Learning Tournament juga dapat diimplikasikan dalam pembelajaran lain, misalnya menulis teks drama. Dengan menerapkan langkah�langkah metode ini untuk menulis teks drama, siswa mampu mendapatkan ide secara langsung dari pengalaman hidupnya atau orang lain yang kemudian dikembangkan dalam tulisannya dan menciptakan tokoh yang nyata dalam tulisannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Helvy Tiana Rosa, M.Hum 2) Gres Grasia Azmin, M.Si |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 12:43 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 12:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30684 |
Actions (login required)
View Item |