PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF IN THE NEWS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMAN 3 BEKASI

AYU KRISNI ASIH, . (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF IN THE NEWS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMAN 3 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AYU KRISNI ASIH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif In The News terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa SMA kelas X. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Bekasi, Bekasi Selatan, semester genap tahun ajaran 20010/2011. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen kontrol dengan desain randomized control group pretest-postest design. Teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel 70 orang siswa. Kelas eksperimen dengan jumlah 35 orang siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis argumentasi yang meliputi aspek penggunaan diksi, penggunaan ejaan, kalimat efektif, kesesuaian isi dan judul, mengungkapkan gagasan atau pendapat, memberi data berupa fakta, serta menyimpulkan. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis argumentasi pada kelas eksperimen sebesar 82,36. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan menulis argumentasi pada kelas kontrol, yaitu sebesar 67,05. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh L hitung = 0,0675 pada kelas eksperimen dan 0,3022 pada kelas kontrol, sedangkan L tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 0,886. L hitung < L tabel, maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji Bartlett) diperoleh X2 hitung sebesar 1,57 dan X2 tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 43,8. Karena X2 hitung < X2 tabel atau 1,53 < 43,8, maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t hitung sebesar 9,01, sedangkan t tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 1,67. Karena t hitung > t tabel, berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif In The News berpengaruh terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa SMA. Berdasarkan hasil di atas, strategi pembelajaran aktif In The News dapat dijadikan sebagai strategi yang baik untuk pembelajaran menulis argumentasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai strategi pembelajaran aktif In The News.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. H. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si 2) Dra. Fathiaty Murtado, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 Jun 2022 12:50
Last Modified: 25 Jun 2022 12:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30685

Actions (login required)

View Item View Item