CHRISMAWATI, . (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 47 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
CHRISMAWATI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 47 Jakarta Pusat. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran Word Square, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis puisi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 47 Jakarta Pusat. Waktu penelitian adalah semester genap tahun ajaran 2010/2011 pada bulan Maret dan Mei 2011. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Ada dua kelompok, yaitu satu kelompok kelas kontrol yang belajar menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran Word Square dan satu kelompok kelas eksperimen yang belajar menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Pada saat awal dan akhir pertemuan kedua kelompok diberi tes. Adapun desain eksperimen yang digunakan adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design, dengan satu macam perlakuan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai kelas VII SMP Negeri 47 Jakarta Pusat pada semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011. Teknik pengambilan sampel secara random atau acak. Jumlah sampel 72 orang siswa. Kelas eksperimen dengan jumlah 36 orang siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 36 orang siswa. Instrumen penelitian adalah tes menulis puisi yang meliputi aspek irama, rima, pilihan kata, ungkapan, dan jalinan imaji yang diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan tema puisi yang sama. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata posttest hasil kemampuan menulis puisi siswa pada kelas eksperimen sebesar 72,17. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest kemampuan menulis puisi siswa pada kelas kontrol, yaitu sebesar 65,67. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh Lhitung = 0,1335 pada kelas eksperimen dan 0,4346 pada kelas kontrol, sedangkan Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 adalah 0,886. Lhitung < Ltabel, maka dapat dinyatakan normal. Hipotesis dinyatakan secara statistik H0 = µe1 ≥ µe2 dan H1 = µe1 ≤ µe2. Teknik analisis data dengan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Dari penggolongan data dengan uji-t diperoleh thitung = 2,52 dan ttabel = 1,645 (2,52 > 1,645). Ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) yang menyatakan model pembelajaran Word Square tidak berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa ditolak. Hipotesis alternatif (H1) yang menyatakan bahwa model pembelajaran Word Square berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa diterima. Berdasarkan hasil di atas, model pembelajaran Word Square memiliki pengaruh cukup besar terhadap kemampuan menulis puisi siswa terutama pada aspek irama, rima, pilihan kata, ungkapan, dan jalinan imaji. Model pembelajaran Word Square dapat dijadikan sebagai model yang baik untuk pembelajaran kemampuan menulis puisi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai model yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis. Sebagai alternatif agar siswa mendapatkan suatu cara yang lebih menarik dan menyenangkan dalam belajar, sehingga dapat menghasilkan hasil tulisan puisi yang baik, para pengajar dapat menerapakan model pembelajara Wodr Square dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si 2) N.Lia Marliana, S.Pd.,M.Phil |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 12:54 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 12:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30686 |
Actions (login required)
View Item |