USING SONGS TO TEACH ENGLISH TO TODDLERS: A PRE-EXPERIMENTAL STUDY

DINA KURNIA SARI, . (2011) USING SONGS TO TEACH ENGLISH TO TODDLERS: A PRE-EXPERIMENTAL STUDY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DINA KURNIA SARI.pdf

Download (426kB)

Abstract

Pada jaman global seperti sekarang, bahasa Inggris diajarkan sejak dini, bahkan kepada murid bawah tiga tahun (batita). Bagian dari bahasa Inggris yang paling sesuai untuk diajarkan kepada batita adalah kosaka. Dalam mengajarkan kosakata, ada banyak media yang bisa digunakan. Pada umumnya, batita yang tidak bisa duduk diam untuk waktu yang lama dalam belajar. Oleh karena itu perlu dicari media mengajar yang menarik. Dalam penelitian ini, lagu dipilih oleh penulis sebagai media. Lagu dianggap sesuai untuk batita karena bisa menarik perhatian mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan sejauh mana lagu bisa digunakan untuk mengajarkan kosakata kepada batita. Untuk penelitian ini, Hokey Pokey digunakan untuk merepresentasikan lagu untuk batita karena Hokey Pokey memenuhi criteria, yaitu lirik yang simple dan berulang�ulang, dan mempunyai nada C . Metode penelitian yang digunakan adalah Pre�Experimental, yang dimaksudkan untuk membandingkan hasil sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lagu bisa digunakan untuk mengajarkan kosakata kepada batita. Ini bisa dilihat dari respon siswa terhadap perintah guru. Setelah belajar menggunakan lagu, siswa mampu menunjukkan kosakata yang diperintahkan. Ditambah lagi, lagu menciptakan atmosfer yang menyenangkan selama murid belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberi informasi mengenai batita dan sejauh mana lagu bisa digunakan untuk mengajarkan kosakata kepada batita. In this global era, English is being taught since very early, even to toddler. Part of English that is very appropriate to be taught to toddler is vocabulary. In teaching vocabulary, there are many media can be used. In this study, song is chosen by the writer as the media. Song is appropriate for toddler because it can attract toddler’s attention. Generally, toddlers cannot sit still for a long time for study. Therefore, it is needed to find an interesting media to teach them. Thus, the aim of this study is to find out to what extent song can be used to teach vocabulary to toddler. For this study, Hokey Pokey is used to represent the song for toddler because it fulfills the criteria that are simple and repeated lyrics, and the tunes middle C The research methodology of this study is a Pre-Experimental design, which is meant to find out the comparison before and after the treatment. The result of this study shows that song can be used to teach vocabulary to toddler. It can be seen from students’ response to the teacher’s instruction. After learning using the song, students were able to show the vocabulary that was instructed. In addition, song can create fun atmosphere while students are learning. This study is hoped to provide information about toddler and to what extent song can be used to each vocabulary to toddler.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 01:17
Last Modified: 26 Jun 2022 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30692

Actions (login required)

View Item View Item