PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT PEMBACA SISWA KELAS IX SMP MARTIA BHAKTI BEKASI SELATAN

DINI LARASATI, . (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT PEMBACA SISWA KELAS IX SMP MARTIA BHAKTI BEKASI SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DINI LARASATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran the power of two terhadap kemampuan menulis surat pembaca siswa kelas IX SMP Martia Bhakti Bekasi Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMP Martia Bhakti pada Maret 2011. Sampel penelitian sebanyak dua kelas dengan jumlah 63 siswa, yang merupakan populasi penelitian. Metode yang digunakan adalah metode eskperimen dengan melakukan pretest dan postest dua kelompok, yaitu menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan strategi pembelajaran the power of two, sedangkan kelas kontrol tidak diberi perlakuan strategi pembelajaran tersebut. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan menulis surat pembaca siswa meliputi isi, organisasi, tata bahasa, kosakata, serta ejaan dan teknik penulisan surat pembaca. Hasil rerata nilai posttest pada kelas eksperimen meningkat sangat signifikan dari hasil pretest yaitu dari 50,11 menjadi 80,30. Sementara itu, hasil rerata nilai posttest kelas kontrol juga sedikit meningkat dari hasil pretest-nya, yakni dari 46,57 menjadi 48,17. Dari hasil pengujian Lilifors pada taraf signifikasi α = 0,05, diperoleh data posttest kelas eksperimen yaitu Lo = 0,0497, sedangkan untuk data posttest kelas kontrol yaitu Lo = 0,0133, dengan nilai Lt = 0,886. Dengan demikian, data nilai kelas eksperimen dan kontrol sama-sama berdistribusi normal karena Lo < Lt. Dari hasil dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 1 dan taraf signifikasi α = 0,05, diperoleh X2 hitung (1,22) < X2 tabel (3,48) Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kelompok tersebut homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan Uji-t diperoleh t-hitung = 9,43 dan t-tabel = 1,67 dengan dk = 61 dan taraf signifikasi α = 0,05. Dengan demikian, harga t-hitung lebih besar dari t-tabel (9,43 > 1,67), sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran the power of two memberikan pengaruh positif pada pembelajaran menulis, khususnya dalam menulis surat pembaca siswa kelas IX SMP Martia Bhakti Bekasi Selatan. Pemilihan strategi the power of two dalam menulis surat pembaca dapat menjadi salah satu alternatif strategi pengajaran karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, khususnya kegiatan menulis surat pembaca. Dengan demikian, strategi pembelajaran the power of two ini sesuai untuk pengajaran kemampuan menulis surat pembaca siswa kelas IX SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) N. Lia Marliana, M. Phil. Ling 2) Erfi Firmansyah, M. A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 01:21
Last Modified: 26 Jun 2022 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30693

Actions (login required)

View Item View Item