Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Aplikasi 3D Blender Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik (Studi Pada SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta Timur)

FARAH GANELA ZILZIKRA, . (2018) Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Aplikasi 3D Blender Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik (Studi Pada SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FARAH GANELA ZILZIKRA 5115116922.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan aplikasi 3D Blender. Penelitian ini dilakukan di SMK Kemala Bhayangkari 1 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true experimental design dengan desain posttest-only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dari dua kelas dan masing-masing kelas diambil 30 siswa secara acak. Kelas pertama menggunakan media pembelajaran animasi dan kelas kedua menggunakan media pembelajaran konvensional. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah instrumen berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 soal. Sebelum instrumen digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen terhadap 30 orang responden dengan butir soal sebanyak 40 butir soal. Hasil uji coba instrumen dianalisis validitas item dan reliabilitasnya. Setelah instrumen selesai diuji validitas dan reliabilitasnya maka instrumen bisa digunakan untuk mengukur kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Setelah instrumen diujikan ke kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis data yang akan dilanjutkan dengan uji hipotesis. Pada uji prasyarat analisis data terdapat uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Pengujian normalitas menggunakan uji liliefors. Hasil perhitungan pada kelompok eksperimen diperoleh Lhitung = 0,152 dan Ltabel = 0,161 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh Lhitung = 0,129 dan Ltabel = 0,161 dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30. Karena pada kedua kelompok sampel Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan data kedua kelas berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil belajar menggunakan uji F diperoleh Fhitung = 1,78 dan Ftabel = 1,84. Karena Fhitung < Ftabel atau 1,78 < 1,84 maka dapat disimpulkan variansinya homogen. Pengujian hipotesis menggunakan tes analisis statistik parametris. Dengan uji satu pihak, diketahui dk = 58 dan α = 0,05, maka didapat ttabel = 1,671. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis uji t, maka besarnya thitung > ttabel yaitu 8,41 > 1,671 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya hipotesis Ha pada pengujian hipotesis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menguji kebenaran hipotesis yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran Animasi 3D terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Faried Wadjdi, M.Pd 2) Dra. Ermi Media’s, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Oct 2019 10:25
Last Modified: 17 Oct 2019 10:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item View Item