PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK BIDANG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN di SMKN 4 TANGERANG SELATAN

DILA LESTARI, . (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN MENGGAMBAR BENTUK BIDANG KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN di SMKN 4 TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (117kB)
[img] Text
ABSTRAK, ABSTRAC, Halaman Pernyataan, Kata Pengantar.pdf

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi menggambar bentuk bidang siswa SMKN 4 Tangerang Selatan kompetensi keahlian teknik gambar bangunan kelas X setelah menggunakan media animasi pada materi pelajaran menggambar bentuk bidang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 69 siswa yang dibagi kedalam 2 kelompok kelas, yaitu kelas kontrol (kelas yang menggunakan media konvensional) dengan jumlah 35 siswa dan kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media animasi) yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas, teknik uji normalitas menggunakan teknik analisis chi-kuadrat. Validitas instrument soal tes dilakukan dengan judgement expert dan uji coba instrumen, hasil dari uji validitas menunjukkan terdapat 25 soal valid dan 5 soal tidak valid dari 30 soal yang disajikan. Reliabilitas instrument tes dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20) diperoleh harga r = 0,810 dengan soal pilihan ganda. Hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran menggambar bentuk bidang menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai 52-96 dengan ratarata 77. Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai 52-88 dengan rata-rata 70,470. Sedangkan hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran menggambar bentuk bidang menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai 60- 100 dengan rata-rata 87,889. Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai 52-100 dengan rata-rata 84,235. Hasil data yang didapat kemudian diolah dengan uji – t yang menghasilkan nilai thitung = 7,963 dan ttabel = 2,037, sehingga dapat disimpulkan bahwa niai thitung ≥ ttabel atau 7,963 > 2,037 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara pretest dan posttest setelah menggunakan media animasi. Sedangkan uji linieritas menunjukkan nilai Fhitung = 7,758 dan Ftabel = 4,150. Karena nilai Fhitung ≥ Ftabel atau 7,758 > 4,150 maka regresi tersebut linier. This study aims to know the correlation between media animation to learning outcomes on subject drawing form field of students at SMKN 4 South Tangerang in competency skills of Drawing Building Engineering 10th grade after using media animation at subject of drawing form field. This study held on August until December 2016. The sample of this study is 10 grade students of Drawing Building Engineering which amounts to 69 students and divided into to 2 classes, that is control class (the class that using conventional media) with 35 students and experimental class (the class that using media animation) which amounts to 34 students. Data analysis technique that using is quantitative technique with quasi experiment method. The test of hypotesis requirements using normality test, that using analysis technique of chisquared. The validity of question instrument, result of validity shows that 25 question is valid and only 5 question invalid of 30 question that used. The reliablity of instrument be calculated with Kuder-Richardson formula (KR-20) that shows the r = 0.810 with multiple choice question. The learning outcomes before learning of drawing form field shows that the control class is between 52-96 with average 77. The learning outcomes of experimental class is between 52-88 with average 70.470. Meanwhile the learning outcomes after learning drawing form field shows that the control class between 60-100 with average 87.889 and the experimental class is between 52-100 with average 84,235. Then the result be treated with T-test discovered tcalculate =7,963 and ttable = 2,037, so can be concluded that the tcalculate ≥ ttable or 7,963 > 2,037which means there is different between pretest and posttest after using media animation. Meanwhile linearity test showed that Fcalculate = 7,758 and Ftable = 4,150. Because of Fcalculate ≥ Ftable or 7,758 >4,150, therefore the regretion is linear.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Doddy Rochadi, M.Pd 2) Drs. Arris Maulana, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 08:16
Last Modified: 26 Jun 2022 08:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30706

Actions (login required)

View Item View Item