PENGARUH METODE TIME TOKEN DENGAN MEDIA KARTU EKSPRESI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN BERITA KELAS VIII SMPN 151 JAKARTA UTARA

DINI WINANTI PUTRI, . (2011) PENGARUH METODE TIME TOKEN DENGAN MEDIA KARTU EKSPRESI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN BERITA KELAS VIII SMPN 151 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DINI WINANTI PUTRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode time token dengan media kartu ekspresi terhadap kemampuan membacakan berita siswa kelas VIII SMPN 151 Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan di SMPN 151 Jakarta Utara pada April – Mei 2011. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen randomized control group pre-test post test design.dengan jumlah sampel 54 orang siswa. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan membacakan berita pada kelas eksperimen sebesar 60,03. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan membacakan berita pada kelas kontrol, yaitu sebesar 37,8. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh Lhitung = 0,052 pada kelas eksperimen dan Lhitung = 0,0907 pada kelas kontrol, sedangkan L tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 0,173. L hitung < L tabel, maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji Bartlett) diperoleh X2 hitung sebesar 2,39 dan X2 tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 3,84. Karena X2 hitung < X2 tabel atau 2,39 < 3,84, maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t hitung sebesar 8,84, sedangkan t tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 1,67. Karena t hitung > t tabel, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode time token dengan media kartu ekspresi berpengaruh terhadap kemampuan membacakan berita SMP. Berdasarkan hasil di atas, metode time token dengan media kartu ekspresi dapat dijadikan sebagai metode yang baik untuk pembelajaran membacakan berita. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai metode time token dengan media kartu ekspresi tersebut. This study aims to determine the effect of time token method with card expression media to a news reading ability of 8th grade of 151 junior high school North Jakarta. The research was conducted in 151 junior high school North Jakarta on April-May 2011. The method of research using experimental methods randomized control group pre-test post test design with sample of 54 people. Based on calculations carried out, found the average value of the ability to reading a news at the experimental class is 60.03. This value is higher than the average value of the ability to reading a news on the control class, amounting to 37.8. Prerequisite test data analysis done by the normality test (Liliefors), obtained Lcount = 0.052 at the experimental class and Lcount = 0.0907 in the control class, while the L table at the level of significance α = 0.05 is 0.173. L count < L table, the data is claimed normal. The results of homogeneity test (Bartlett test) is obtained by calculating X2 is 2.39 and X2 tables at the level of significance α = 0.05 is 3,84. Because X2 count < X2 table or 2.39 < 3.84, then the data is homogeneous. Results of data analysis with t-test, obtained t count is 8.84, while t tables at the level of significance α = 0.05 is 1.67. Because t count > t table, it means the H0 is rejected and H1 is accepted. Thus, the results of this study indicate that the use of time token with media card expression affects the reading news ability of junior high school. Based on the above results, the method of time token with media card expression can be as a good method for learning a reading news. This research is expected to be an additional knowledge about the methods of time token with the card expression media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si 2) Drs. Krisanjaya, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 08:40
Last Modified: 26 Jun 2022 08:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30714

Actions (login required)

View Item View Item