TIPE WATAK TOKOH DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XI SMA

MARGI RIRIASYUNI, . (2011) TIPE WATAK TOKOH DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA KELAS XI SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MARGI RIRIASYUNI.pdf

Download (988kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data mengenai tipe watak tokoh dan nilai-nilai pendidikan pada novel Rumah tanpa Jendela karya Asma Nadia dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu oleh tabel analisis. Teknik analisis data yaitu menganalisis tipe-tipe watak tokoh berdasarkan ciri-ciri tipe watak dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Rumah tanpa Jendela, kemudian menyimpulkan hasil analisis serta implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa novel Rumah tanpa Jendela tokoh utamanya dibagi menjadi dua yaitu tokoh utama protagonis dan tokoh utama antagonis. Tokoh utama protagonis adalah Rara, yaitu seorang gadis cilik yang bertipe watak kholeris yakni seorang yang aktif, rajin bekerja, pintar, tidak mudah putus asa, dan memiliki semangat tinggi dalam meraih impian dan cita�citanya.. Sedangkan pada tokoh utama antagonis dalam novel yaitu Ibu Ratna, yang memiliki tipe watak nerveus, yakni seorang yang memiliki sifat sombong, cepat curiga terhadap orang lain, dan mudah emosi. Meskipun frekuensi kemunculan tokoh Ibu Ratna tidak sebanyak tokoh utama protagonis, tetapi tokoh itu memiliki intensitas yang kuat dan penting keterlibatannya di dalam cerita, dibandingkan tokoh antagonis lainnya yang hanya sebagai pelengkap cerita. Berikutnya, tokoh tambahan dalam novel Rumah tanpa Jendela berjumlah 18 orang. Tokoh tambahan dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori tokoh tambahan berdasarkan jenis kelamin yaitu tokoh wanita dan tokoh pria; dan kategori tokoh tambahan berdasarkan usia, yang terdiri atas tokoh anak-anak/remaja dan tokoh dewasa. Kategori tokoh tambahan berdasarkan jenis kelamin, yaitu tokoh wanita mendominasi tipe watak flegmatis, sedangkan tokoh pria cenderung pada tipe v kholeris. Lalu kategori tokoh tambahan berdasarkan usia yang terdiri atas tokoh anak-anak/remaja mendominasi tipe watak nervus, sementara tokoh dewasanya lebih cenderung pada tipe watak flegmatis. Setelah menganalisis tipe watak tokoh tambahan berdasarkan dua kategori tersebut, diketahui bahwa masing-masing tokoh itu memiliki peranan tersendiri di dalam dirinya. Peranan itu disebut protagonis dan antagonis. Kedua peranan itu terdiri atas tokoh tambahan wanita dan tokoh tambahan pria, kemudian dibagi lagi menjadi tokoh anak-anak/remaja dan tokoh dewasa. Tokoh tambahan wanita yang berperan sebagai protagonis hanya terdapat pada tokoh dewasa, yang bertipe watak flegmatis. Sedangkan peran antagonisnya terdapat pada tokoh anak-anak/remaja dan tokoh dewasa, keduanya memiliki tipe watak nervus. Lalu pada tokoh tambahan pria yang berperan sebagai protagonis terdiri atas tokoh anak-anak/remaja dan tokoh dewasa, yang keduanya bertipe watak kholeris dan flegmatis. Sementara tokoh tambahan pria yang berperan sebagai antagonis terdapat pada tokoh anak-anak/remaja dan dewasa, keduanya mendominasi tipe watak berpassi dan nervus. Dalam novel Rumah Tanpa Jendela terdapat 70 nilai-nilai pendidikan. Dari 8 nilai-nilai pendidikan berdasarkan teori Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati yang sering muncul dalam novel adalah nilai pendidikan agama. Dengan demikian, pengarang menganggap bahwa pendidikan agama di dalam ceritanya sangat penting, karena untuk mengingatkan pembaca kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra.Zulfahnur Z.F., M.Pd 2) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 20:38
Last Modified: 26 Jun 2022 20:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30725

Actions (login required)

View Item View Item