THE PROFILE OF ENGLISH DEPARTMENT (ED) STUDENTS’ SPEAKING SKILL OF STATE UNIVERSITY OF JAKARTA

NELY NURLELA.A, . (2011) THE PROFILE OF ENGLISH DEPARTMENT (ED) STUDENTS’ SPEAKING SKILL OF STATE UNIVERSITY OF JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta adalah untuk menghasilkan siswa dengan kompetensi komunikasi lisan dan tertulis dalam bahasa Inggris, para lulusan harus menguasai berbagai wacana dengan melakukan berbagai kegiatan dalam bahasa Inggris dan memiliki pemahaman yang luas dan mendalam tentang proses komunikasi yang efektif dalam bahasa tersebut. Tujuan ini, khususnya kompetensi komunikasi lisan, belum sepenuhnya tercapai, didasarkan pada beberapa indikasi. Indikasi pertama adalah sulit untuk menemukan siswa dengan kemampuan yang baik dalam pengucapan. Kondisi kedua adalah siswa enggan berinteraksi di lingkungan perguruan tinggi dengan menggunakan bahasa Inggris khususnya pada program bahasa Inggris English Day di setiap hari Rabu dan Jumat. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kemampuan berbicara mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta khususnya mahasiswa kelas Speaking 3. Penelitian ini dimulai dari September 2010 dan selesai pada Desember 2010. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa kelas Speaking 3 pada semester 093. Data diperoleh dari tes kemampuan berbicara pada mahasiswa dengan menggunakan salah satu tes terstandar yaitu International English Language System (IELTS) yang dimodifikasi berdasarkan kebutuhan mereka. Kriteria penilaian terdiri dari 4 aspek yaitu Fluency and Coherence, Lexical Resources, Grammatical Range and Accuracy, serta Pronunciation. Test tersebut menggunakan tingkatan 1 sampai 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berbicara mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta berada pada tingkatan 3 di tiap aspek yang berarti bahwa mereka berbicara dengan jeda yang lama, memiliki keterbatasan untuk menghubungkan kalimat-kalimat sederhana memberikan respon hanya sederhana dan sering tidak dapat menyampaikan pesan sederhana. Mereka menggunakan kosakata sederhana untuk menyampaikan informasi pribadi, bentuk kalimat dasar dengan keberhasilan yang terbatas, atau bergantung hafalan, membuat banyak kesalahan kecuali dalam ekspresi hafal, pidato mereka sering tidak dapat dimengerti, menggunakan rentang yang terbatas dalam pengucapan upaya untuk mengontrol tapi penyimpangan yang sering terjadi kesalahan dan menyebabkan beberapa kesulitan bagi pendengarnya. One of the aims of English Department of State University of Jakarta is to produce students with oral and written communication competence in English; graduates must master a variety of discourse by doing various activities in English and has a broad and deep understanding of the processes of effective communication in English. This goal has not achieved yet, based on several indications. The first indication is it is difficult to find students with good skills in pronunciation. The second indication is that many students are reluctant to interact in English. This study aimed to investigate the speaking skills of the English department students especially the students of Speaking 3 class. This study started from September 2010 and completed in December 2010. The data sources of this study were the students of Speaking 3 class in 093 semester. The data was obtained from the test of students' speaking skill by using one of the standardized tests, the International English Language System (IELTS) that was modified according to the students’ needs. The assessment criteria consist of 4 aspects. They are Fluency and Coherence, Lexical Resources, Grammatical Range and Accuracy, and Pronunciation. The test uses Band 1 to 9. The results of this study indicate that the students’ speaking skill is at Band 3 in each aspect that means they speak with long pauses has limited ability to link simple sentences give only simple responses and are frequently unable to convey basic message. They use simple vocabulary to convey personal information has insufficient vocabulary for less familiar topics, attempts basic sentence forms but with limited success, or relies on apparently memorized utterances, makes numerous errors except in memorized expressions, their speech is often unintelligible, use a limited range of pronunciation features attempts to control features but lapses are frequent mispronunciations are frequent and cause some difficulty for the listener.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ratna Dewanti, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 21:21
Last Modified: 26 Jun 2022 21:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30730

Actions (login required)

View Item View Item