PENGARUH METODE SLANT DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMPN 44 JAKARTA TIMUR

NONY TRIMINTARSIH, . (2011) PENGARUH METODE SLANT DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS VII SMPN 44 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NONY TRIMINTARSIH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SLANT dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII SMP, tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 44 Jakarta Timur mulai Maret sampai dengan April 2010. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 44 Jakarta Timur yang berjumlah 8 kelas. Dari kedelapan kelas tersebut, peneliti hanya mengambil satu kelas yang akan dijadikan sampel penelitian, yang dipilih secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan satu kelas, yaitu dengan mengambil nilai siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode SLANT dengan teknik mind mapping (pretes), dan nilai siswa sesudah diberikan perlakuan berupa metode SLANT dengan teknik mind mapping (postes). Sebelum dianalisis, dilakukan uji persyaratan data sampel yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas digunakan uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan, diperoleh L0 (0,137) < Lt (0,886) pada kelompok pretes, dan L0 (0,174) < Lt (0,886), dengan taraf signifikasi 0,05. Dapat disimpulkan bahwa sampel pada penelitian berdistribusi normal karena L0 < Lt. Untuk uji homogenitas, digunakan uji Barlett. Dari hasil perhitungan, diperoleh X2 hitung sebesar 0,046. Berdasarkan daftar distribusi kuadrat dengan dk = 64 pada taraf signifikansi 1 – α = 0,95 diperoleh X2 tabel sebesar 43,8. Dari hasil tersebut X2 hitung = 0,046 < X2 tabel = 43,8. Dapat disimpulkan bahwa sampel memiliki varians yang homogen. vi Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung sebesar 7,691 dan ttabel sebesar 1,70, pada dk = 64 dan taraf signifikasi = 0,05. Oleh karena thitung > ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SLANT dengan teknik mind mapping terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VII Negeri 44 Jakarta. Metode SLANT dengan teknik mind mapping dapat dijadikan sebagai salah satu metode dalam meningkatkan kemampuan berbicara, khususnya dalam bentuk bercerita siswa. Hal ini disebabkan metode ini dapat melatih konsentrasi siswa dan dapat mengembangkan sikap positif siswa mengenai belajar. Dalam metode SLANT digunakan teknik mind mapping. Dengan penggunaan teknik tersebut, siswa akan terbantu dalam mengemukakan gagasan-gagasannya secara teratur. Selain itu perhatian siswa penyimak yang menggunakan metode SLANT, saat siswa pembicara di depan kelas, akan membuat pembicara lebih berkonsentrasi, lebih termotivasi, dan lebih nyaman dalam menyampaikan gagasan-gagasannya dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Suhertuti, M.Pd. 2) Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si.,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 21:26
Last Modified: 26 Jun 2022 21:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30731

Actions (login required)

View Item View Item