PENGARUH PENGGUNAAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 JAKARTA

RICKA KRISTANTI, . (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RICKA KRISTANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh Metode Group Investigation terhadap kemampuan menulis artikel siswa kelas XI. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Jakarta Pusat pada siswa kelas XI yang berlangsung pada semester genap, bulan Maret-April tahun pelajaran 2010-2011 dengan menggunakan sampel dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas XI IPA 3 sebanyak 25 siswa dan kelas XI IPS 4 sebanyak 25 siswa. Adapun desain yang digunakan adalah eksperimen Hasil tes awal (Pretest) menulis kelas eksperimen menunjukkan nilai dengan skor tertinggi 72 dan skor terendah 56 sedangkan kelas control menunjukkan nilai dengan skor tertinggi 71 dan nilai dengan skor terendah 56. Rata-rata skor pretest kelas eksperimen adalah 61,72 dan simpangan baku sebesar 4,753 sedangkan kelas kontrol adalah 61,92 dan simpangan baku sebesar 4,51. Hasil tes akhir (Posttest) menulis artikel kelas eksperimen menunjukkan nilai dengan skor tertinggi 82 dan skor terendah 56 sedangkan kelas control menunjukkan nilai dengan skor tertinggi 71 dan nilai dengn skor terendah 56. Rata-rata skor posttest kelas eksperimen adalah 73,4 dan simpangan baku sebesar 5,437 sedangkan kelas kontrol adalah 65,64 dan simpangan baku sebesar 5,059. Dari hasil pengujian Liliefors pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh data posttest kelas kontrol yaitu ܮ =଴0,1517, sedangkan ܮ௧= 0,173. Dengan demikian, data posttest berdistribusi normal karena ܮ >଴ܮ௧ yaitu 0,1517 < 0,173. Hasil pengujian Liliefors pada taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh data posttest kelas eksperimen yaitu ܮ =଴0,1536, sedangkan ܮ௧= 0,173. Dengan demikian, data posttest berdistribusi normal karena ܮ >଴ܮ௧ yaitu 0,1536 < 0,173. Variansi gabungan dari semua sampel sebesar dengan harga satuan β = 68.74575953 dan hasil uji Barlet untuk χଶ= 0,0736. Kedua nilai tersebut homogen apabila nilai χଶ-hitung lebih kecil dari pada χଶ-tabel. Dari hasil perhitungan diperoleh χଶ-hitung sebesar 0,0736, sedangkan χଶ-tabel sebesar 3,84 dengan derajar bebas (db) = 2 – 1 = 1, dan taraf signifikansi α = 0,05. Oleh karena χଶ-hitung = 0,0736 lebih kecil dari pada χଶ-tabel = 3,84, maka data tersebut homogen. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai t-hitung 2,719 sedangkan t-tabel 1,714 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Dengan demikian, harga t-hitung lebih besar dari t-tabel (2,719 > 1,714). Ini berarti ܪ ଴yang menyatakan tidak ada pengaruh metode Group Investigation terhadap kemampuan menulis artikel siswa kelas XI SMA Negeri 5 Jakarta Pusat ditolak, sedangkan ܪଵ yang menyatakan ada pengaruh Metode Group Investigation terhadap kemampuan menulis artikel siswa kelas XI SMA Negeri 5 Jakarta Pusat diterima. v Metode Group Investigation dapat diterapkan sebagai salah satu metode pembelajaran untuk pembelajaran menulis artikel dan dapat member pengaruh positif dalam pembelajaran. Metode ini mampu melatih siswa agar dapat bekerjasama dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas kelompok dengan mencari informasi yang berbeda masing-masing siswa. Pemilihan Metode Group Investigation untuk menulis artikel menjadi salah satu alternatif metode pengajaran dalam pembelajaran menulis, khususnya menulis artikel siswa kelas XI SMA Negeri 5 Jakarta. Guru dapat menggunakan Metode Group Investigation untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan bervariatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Asep Supriyana, S.S. 2) Erfi Firmansyah, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Jun 2022 22:38
Last Modified: 26 Jun 2022 22:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item